Sabtu, 25 Mei 2019


Tanami dan Harumkan DAS Citarum dengan Kopi

10 Jan 2019, 20:03 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyerahkan bibit kopi kepada petani agar menanami DAS Citarum | Sumber Foto:HUMAS KEMENTAN

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung ---- Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum menjadi badan air terpenting di Kabupaten Bandung. Guna mendorong konservasi disana, Kementerian Pertanian (Kementan) meminta agar lahan ditanami kopi.

"Citarum ini dibangun agar bisa meningkatkan kesejahterakan petani, makanya di wilayah DAS Citarum tahun ini kita kasih bibit 1 juta batang bibit kopi yang diperintahkan Bapak Presiden," tutur Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat bertemu petani di Kertasari, Bandung, Kamis (10/1).

Pemberian bibit kopi ini diberikan bertahap selama tiga tahun, sehingga totalnya ada sekitar 3 juta bibit kopi.

Bupati Bandung Dadang Naser mengucapkan terimakasih atas perhatian Menteri Pertanian untuk kelestarian kilometer 0 Citarum.

Dengan perawatan ini Sungai Citarum diharapkan terus harum dan membawa dampak baik bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Luar biasa komando Presiden Jokowi, atas kunjunganya beberapa tahun lalu, Citarum kembali harum. Kami juga mengucapkan terimaksih pada Menteri Pertanian dan semua pihak yang peduli Citarum," katanya.

Dadang meminta dengan perhatian ini semua pihak terlibat dalam pelestarian dan kelestarian lingkungan bersama.

Selanjutnya, para petani diharapkan tetap bersatu saling mengingatkan jika Citarum tercemar.

"Citarum harus tetap jadi leweung (hutan) dan semua sumur banyak cai (air). Hatur nuhun pak menteri kami sudah dikasih gedung Taman Pertanian dan bantuan bantuan lain," tukasnya.

Reporter : Budi
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018