Rabu, 24 Juli 2019


Gula Sawit, Peluang Manis Saat Peremajaan Tanaman

12 Peb 2019, 11:18 WIBEditor : Yulianto

Petani di tengah lahan sawit yang diremajakan | Sumber Foto:Indarto

 

TABLOIDSINARTANI.COM,Banda Aceh---Banyak yang khawatir, program peremajaan kelapa sawit yang pemerintah gaungkan bisa memangkas penghasilan petani. Padahal di balik peremajaan tanaman penghasil CPO itu, ada peluang pendapatan yang menggiurkan yakni gula sawit.

Gula merah (brown sugar) dapat dihasilkan dari berbagai jenis tanaman dari family Palmae seperti Kelapa, Aren, Nipah, Lontar dan sebagainya. Proses pengambilan air nira sebagai bahan dasar pembuatan gula merah pada umumnya melalui penderesan pada tandan muda yang sengaja digagalkan menjadi buah.

Gula kelapa, gula aren dan gula nipah, sudah lama populer di kalangan masyarakat. Memang jenis gula merah ini yang banyak beredar di pasaran dan proses pembuatannya juga relatif mudah dan sudah biasa dilakukan para petani di perdesaan yang punya potensi sumberdaya kelapa, arena atau nipah.

Brown Sugar saat ini sudah menjadi salah satu komoditi industri yang punya prospek ekonomi sangat bagus. Bukan saja sebagai barang konsumsi, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan industri pangan olahan, bahkan pasar ekspor gula merah juga terbuka lebar ke berbagai negara.

Selama ini kita mengenal tanaman sawit hanyalah sebagai tanaman penghasil Crude Oil Palm (CPO) yang merupakan produk olehan pertama dari tandan buah segar (TBS) sawit. Dari CPO ini kemudian dapat diolah menjadi berbagai produk lemak nabati seperti minyak goreng, margarine, keju, sabut, kosmitik dan produk-produk lainnya.

Hasil sampingan dari buah sawit adalah ampas atau bungkil sawit yang bisa diolah menjadi pakan ternak yang mempunyai kandungan protein tinggi. Komoditi sawit saat ini merupakan salah satu komoditi perkebunan penting, karena perintaan akan prodok sawit dari waktu-ke waktu terus mengalami peningkatan.

Tapi siapa sangka, tanaman kelapa sawit (Elaeis Guineensis) juga bisa menghasilkan gula merah atau yang sekarang mulai populer dengan nama Gula Sawit. Sebenarnya ini bukan penemuan baru. Sebab, kelapa sawit juga merupakan salah satu jenis tanaman palmae yang merupakan tanaman penghasil nira, bahan pembuat gula merah.

Tapi pemanfaatan tanaman sawit sebagai penghasil gula merah, masih belum banyak diketahui orang. Proses untuk mendapatkan nira sawit juga berbeda dengan cara mengambil nira kelapa atau nira aren. Kalau nira kelapa atau aren diperoleh dengan menderes bakal tandan buah, nira sawit diperoleh pada saat batang sawit sudah ditebang. Ini biasa dilakukan pada saat replanting atau penanaman kembali tanaman sawit yang sudah berusia 25- 30 tahun dan sudah tidak produktif lagi.

Seberapa besar keuntungan yang petani dapatkan dengan membuat gula sawit?

Reporter : Fathan MT
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018