Jumat, 21 Juni 2019


Subang Bakal Jadi Pusat Benih Rempah Nasional

13 Apr 2019, 12:16 WIBEditor : Gesha

Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor, Dr. Wiratno mengobrol bersama Raja Lembaga Adat Keratwan (LAK) Galuh Pakuan, Rahyang Mandalajati Evi Silviadi | Sumber Foto:MUKHLIS

Lahan yang bisa digunakan adalah lahan yang saat ini ditetap sebagai kawasan rempah di empat desa yakni desa Cikadu, Cirangkong, Bantarsari dan Desa Cibalandong Jaya.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Subang --- Kabupaten subang direncanakan akan menjadi pusat benih rempah nasional. Untuk merealisasikan ini Pemerintah Kabupaten Subang, LAK Galuh Pakuan dan Balittro dalam waktu dekat akan segera membuat perencanaanya.

Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor, Dr. Wiratno, disela acara Bimtek Perbenihan Tanaman Lada, di desa Cirangkong, Kecamatan Cirangkong, Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/04) menjelaskan bahwa kawasan rempah Subang ini bisa berkontribusi dalam program perbenihan tanaman perkebunan di Kementerian Pertanian. 

Dia menambahkan bahwa sejak tahun 2019 ini sampai dengan lima tahun ke depan, Direktorat Jenderal Perkebunan ditargetkan bisa menghasilkan 500 juta benih tanaman perkebunan dengan nama program BUN500. 

Di dalam program itu ada tiga jenis tanaman Balittro yang masuk di dalamnya, yakni tanaman pala, lada dan cengkeh.

“Terkait dengan itu, program ini telah disampaikan kepada Raja Lembaga Adat Keratwan (LAK) Galuh Pakuan,  Rahyang Mandalajati Evi Silviadi dan Alhamdulillah beliau menyambut gembira potensi bisnis tersebut," ujar Wiratno. 

Menyambut tawaran potensi bisnis benih terebut, Evi Silviadi menyampaikan kesiapannya untuk segera berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah kabupaten Subang untuk menjadikan Subang sebagai Pusat Benih Perkebunan Nasional. 

“Lahan yang tersedia bisa digunakan untuk memproduksi benih tanaman perkebunan, dan sumberdaya petani juga saya yakin siap tersedia," kata Evi.

Lahan yang bisa digunakan adalah lahan yang saat ini ditetap sebagai kawasan rempah di empat desa yakni desa Cikadu, Cirangkong, Bantarsari dan Desa Cibalandong Jaya.

Selain empat desa itu, bisa disediakan juga lahan-lahan yang ada di 9 desa penyangga kawasan rempah.

 

Reporter : Mukhlis
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018