Kamis, 01 Desember 2022


Buku From Zero To Hero BBP2TP Kementan, Suka Duka Pejuang Inovasi Indonesia

21 Jan 2022, 23:03 WIBEditor : Gesha

Buku Memoar | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Menyebarluaskan inovasi anak negeri karya Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) ke seluruh petani, bukanlah hal yang mudah. Banyak suka duka yang dilalui mereka. Inilah yang tersurat dalam buku Memoar "From Zero to Hero" karya Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP).

Buku memoar pejuang teknologi BPTP (versi cetak dan pdf) yang disusun BBP2TP Badan Litbang Pertanian diangkat dari  kisah suka duka pelaksanaan kegiatan pendampingan teknologi para peneliti, penyuluh dan fungsional lain di BPTP.  Karya ini menjadi bagian pembuktian  kinerja Badan Litbang Pertanian  dalam membela kepentingan petani. BPTP telah memainkan peran sebagai ‘jembatan’ antara penghasil teknologi dan pengguna teknologi.  Invensi teknologi yang diterapkan dan dipergunakan oleh petani secara masif melalui hilirisasi dan transfer teknologi untuk mengungkit peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian. 

Buku ini dihadirkan sebagai bagian dari evidence kiprah BPTP selama 26 tahun usia sejak kelahirannya melalui SK Menteri Pertanian No. 798/KPTS/OT/210/12/94 tanggal 13 Desember 1994 tentang pembentukan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang berkedudukan di provinsi.  Sejak saat itu menjadi tonggak reorientasi kebijakan penelitian pertanian yang bersifat sentralistik ke desentralistik.

BPTP telah cukup signifikan untuk ikut mewarnai arah kebijakan pertanian di wilayah kerjanya.  Disanalah tantangan tersebut dilalui guna merajut sinergi antar para pihak untuk memajukan pembangunan pertanian dan kesejahteraan petani.

Dengan semangat mengangkat sisi-sisi humanis para pelaku pejuang teknologi di lapang bersama stakeholder,  diharapkan buku memoar ini menjadi inspirasi dan acuan bagi para pelaku pejuang pembangunan pertanian  di lapang bagaimana mengatasi tantangan dan merajut sinergi hingga lelah  mampu menembus ‘Lillah’. 

Dokumen lengkap buku memoar  juga dapat diunduh pada link berikut:

http://bbp2tp.litbang.pertanian.go.id/images/Download/buku_memoar_14_jan.pdf
 
Atau bisa scan barcode dari poster ini
 
 
 
 
 
Reporter : NATTASYA
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018