Jumat, 12 Juli 2024


Tohir Azhari, Ajak Siswa Mencintai Pertanian

27 Jan 2014, 11:33 WIBEditor : Ahmad Soim

Sekelompok siswa-siswi tengah duduk melingkari Tohir Azhari (77). Mereka memperhatikan beragam bunga yang indah dengan warna yang berbeda-beda.

“Kita ajak anak-anak siswa kita menikmati keindahan beberapa tangkai bunga yang kita kaitkan dengan tauhid. Bunga terompet itu warna warni, padahal tanahnya, tempatnya, airnya, pupuknya sama. Kita yakinkan kepada mereka bahwa warna warninya bunga terompet ini adalah tanda-tanda adanya Allah, bahwa dia seperti itu karena ada yang menciptakan,” tambah HM Tohir Azhari BA, pengelola LM3 Pondok Pesantren Islamic Centre Muhammadiyah (LM3 PP IMC) di Jalan Cilengsar No. 10 Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Di Pondok Pesantren Islamic Centre Muhammadiyah ini terdapat satu bangunan green house yang difungsikan untuk kegiatan karya ilmiah remaja (KIR) siswa. Sekretaris LM3 Islamic Centre Muhammadiyah Cipanas Sholichin SAg MM menambahkan ada empat fungsi green house yang ada di lokasi sekolah dan pesantrennya. Pertama, mengenalkan kepada anak-anak jenis-jenis tanaman hias. Kedua, untuk praktek menanam tanaman hias. Kedua, untuk praktek menanam tanaman hias. Ketiga, untuk praktek cara pemeliharaan tanaman hias. “Keempat untuk penelitian siswa dalam kegiatan kelompok karya ilmiah remaja (KIR),” tambahnya.

Sedangkan kebun produksi tanaman hias milik LM3 PP IMC berada sekitar 4 km dari lokasi pondok pesantren atau sekitar 2 km dari Istana Presiden Cipanas. Di sebuah rumah kuno milik Tohir Azhari dengan halaman yang luas, di situlah dibangun beberapa green house untuk produksi tanaman hias. Satu buah di sisi kiri rumah, satu buah di sisi kanan rumah dan dua buah di depan rumah.

Sayangnya, beberapa green house milik LM3 ICM Cipanas itu sudah mulai rusak karena termakan usia. “Kami tidak kesulitan memproduksi tanaman hias, namun kesulitan dalam menjual,” jelas Tohir Azhari.

Ada satu green house yang masih cukup terawat yang berada di sisi kanan rumah inap yang sekaligus difungsikan untuk belajar para santri dan siswa. Satu dipan (kursi dari kayu yang muat untuk sekitar 6 orang siswa) menghiasi green house ini. Di sinilah para santri, siswa atau tamu bisa berdiskusi dengan Tohir Azhari mengenal lebih dalam dan dekat dengan dunia pertanian, khususnya tanaman hias.

LM3 PP ICM Cipanas adalah salah satu pesantren yang mendapat bantuan dana kegiatan LM3, tepatnya tanggal 28 Nopember 2007, sebesar Rp 90 juta. Dana itu digunakan untuk budidaya tanaman hias. Pada mulanya, usaha ini berjalan dengan baik dan lancar. “Penjualan bunga dalam pot berjalan lancar pada tahun pertama. Namun pada tahun kedua sampai sekarang kami kesulitan dalam hal pemasaran,” tambahnya.

Meski demikian dengan segala upaya, Tohir berusaha menghidupkan unit budidaya tanaman hias milik PP IMC ini. Dialah yang juga mewakafkan lahan sekaligus rumah untuk kegiatan budidaya LM3 ini. “Saya wakafkan tanah dan rumah saya pada tahun 1946 untuk belajar biologi,” tambahnya.

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018