Tuesday, 27 October 2020


Mengenal Beberapa Penyakit yang Menyerang Ternak Ruminansia

30 Jun 2013, 00:05 WIBEditor : Ahmad Soim

Upaya untuk meningkat pendapatan petani ternak di pedesaan perlu ditunjang dengan program pencegahan dan penanggulangan penyakit hewan secara dini.

Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang pada ternak, cara penyerangan dan penyebarannya serta pengendalian dapat dijelaskan berikut ini:

Penyakit Bangkai Hitam
Penyakit bangkai hitam (Black Disease) adalah penyakit akut akibat toksin Cl.novyi yang terisolisir di hati. Penyakit ini dapat terjadi pada domba, kambing, sapi, kerbau, babi, kuda dan  juga manusia. Pada sapi dan kerbau dikenal juga sebagai “Infectous necrotic hapatitis atau Bacillary haemoglobinuria”. Penyakit ini sering dihubungkan dengan adanya migrasi cacing muda di hati terutama cacing hati.
Penyebab penyakit ini  adalah Cl. Novyi toksegenik, merupakan bakteri gram positif berbentuk batang, dapat membentuk spora dan bersifat anaerob. Cl. Novyi dapat ditemukan di tanah atau dalam tubuh hewan sehat.
Penyakit ini tidak menular, tetapi hampir semua ternak ruminansia peka. Terjadinya penyakit biasanya berhubungan dengan adanya kerusakan hati yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, cacing hati, bahan kimia/obat-obatan dan tanaman beracun. Kerusakan atau nekrosis di hati merupakan tempat berkembang  yang baik bagi Cl.novyi.
Tanda-tanda klinis seperti penafasan pendek dan cepat, suhu tubuh baik dan turun tiba-tiba sampai sub normal serta kelesuan hewan tidak pernah teramati, kecuali hewan ditemukan mati mendadak dalam posisi seperti tidur.

Untuk informasi yang lebih lengkap baca EDISI CETAK TABLOID SINAR TANI (berlangganan Tabloid SINAR TANI.  SMS ke : 081317575066).

Editor : Ahmad Soim

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018