Kamis, 21 Maret 2019


Identifikasi Lahan untuk Budidaya Perkebunan

06 Des 2013, 13:04 WIBEditor : Kontributor

Ketersediaan lahan menjadi salah satu keunggulan komperatif dalam pengembangan komoditas tanaman perkebunan. Saat ini masih tersedia lahan potensial untuk pengembangan komoditas perkebunan, yakni sekitar 24 juta hektar yang meliputi lahan berpotensi baik (18,74 juta ha), lahan berpotensi sedang (2,99 juta hektar) dan sisanya lahan berpotensi bersyarat, seperti lahan rawa dan gambut, yang masih memerlukan inovasi teknologi khusus untuk pengembangannya.

Dukungan data dan informasi yang akurat sangat diperlukan dalam menetapkan kebijakan pengembangan perkebunan. Untuk penyediaan data yang akurat tersebut, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian melakukan Fasilitasi Identifikasi dan Pendayagunaan Sumberdaya untuk Tanaman Tahunan Perkebunan, yaitu : kelapa sawit, kelapa, karet, jambu mete, jarak pagar dan kemiri sunan.

Kegiatan Fasilitasi Identifikasi dan Pendayagunaan Sumberdaya adalah merupakan pemanfaatan sumberdaya pada perkebunan rakyat yang meliputi tanaman tahunan terhadap lahan dan sarana produksi (pupuk, alsin, pestisida, herbisida dan fungisida). Sesuai peluang yang tersedia dan potensi manfaat dalam jangka panjang, sehingga diharapkan akan tersedianya data ketersediaan lahan dan kesesuaian lahan komoditas tanaman tahunan, serta data kebutuhan sarana dan prasarana tanaman tahunan.

Kegiatan Fasilitasi Identifikasi dan Pendayagunaan Sumberdaya Tanaman Tahunan Perkebunan di 19 (sembilan belas) provinsi ini dilakukan tahun 2012. Kegiatan ini ditujukan untuk mendukung peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman tahunan, yang indikator kinerjanya meliputi kegiatan eksisting area dan potensi lahan serta sarana dan prasarana (pupuk dan alsin) tanaman tahunan.

Pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Identifikasi dan Pendayagunaan Sumberdaya tahun 2012, secara umum adalah : Tersedia lahan yang layak dan sesuai untuk komoditas tanaman tahunan; Tersedianya informasi dan data tentang komoditas yang cocok untuk dikembangkan di suatu wilayah; Tersedianya informasi dan data tentang kebutuhan pupuk di suatu wilayah.

Informasi lebih lengkap baca EDISI CETAK TABLOID SINAR TANI (info berlangganan SMS ke : 081317575066).

Editor : Julianto

BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018