Sabtu, 24 Februari 2024


Jelang Hari Besar Keagamaan Stok Bahan Pangan Cukup

21 Jul 2014, 10:53 WIBEditor : Tiara Dianing Tyas

Menjelang Hari Besar Keagamaan 2014, pemerintah memastikan stok pangan cukup, bahkan surplus. Kecuali tiga komoditi yakni, kedelai, kacang tanah dan daging sapi.

“Secara nasional, ketersediaan pangan pada puasa dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini dinyatakan aman dan tersedia,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Achmad Suryana saat jumpa pers di Jakarta, pekan lalu.

Setidaknya ada 11 komoditas yang pemerintah pantau ketersediaannya. Yakni, beras, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, daging unggas, telur unggas, kedelai, kacang tanah dan daging sapi. Berdasarkan laporan dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan DKI Jakarta, ketersediaan bahan pangan pokok strategis cukup aman. “Bahkan sebagian besar komoditas mengalami surplus hingga beberapa bulan ke depan,” katanya.

Sedangkan untuk harga pangan pokok, Suryana memastikan, sampai minggu ini masih relatif stabil, kecuali telur dan daging ayam. Meski terjadi kenaikan beberapa komoditas pangan, kenaikan masih dianggap wajar. Kenaikan tersebut tidak lepas dari meningkatnya permintaan.

Untuk beras, menurut Suryana, pasokannya di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) aman. Hingga hari ini (Kamis, 26/6) lebih dari 2.000 ton/hari. Dibandingkan dengan tahun 2013, kondisi pasokan dan harga beras di PIBC relatif stabil.

Apalagi kini ada panen di Cirebon dan Indramayu. Bahkan di Banyuwangi harga menunjukkan penurunan. Bahkan untuk memenuhi pasokan beras, DKI Jakarta sudah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sedangkan untuk komoditas daging sapi, Suryana mengungkapkan, stok sapi yang ada di Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (APFINDO) mencapai 208,5 ribu ekor yang terdiri dari 183 ribu ekor sapi  bakalan, 18 ribu ekor sapi siap potong dan 7,5 ribu ekor sapi lokal. Jumlah tersebut setara 37,23 ribu ton daging.

Namun demikian, pelaku usaha sudah mempersiapkan pasokan sapi untuk memenuhi kebutuhan puasa dan Lebaran tahun 2014. APFINDO telah menyiapkan 170 ribu ekor sapi siap potong untuk bulan puasa, Rumah Potong Hewan Dharmajaya di kawasan Cakung 897 ekor sapi, serta stok daging milik Bulog.

Adapun suplai daging ayam ras dan telur ayam ras juga cukup. Bahkan harga telur ayam di tingkat peternak kini cenderung turun dan diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan puasa. Namun akan kembali meningkat pada tujuh hari menjelang Lebaran. Sementara itu, harga daging ayam ras diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 10 persen.

Begitu juga pasokan bawang merah, Suryana menjamin akan aman karena sudah memasuki panen raya.  Pada Mei-Juni sudah panen 2.617 hektar atau 25 ribu ton. Diperkirakan pada Juli-Agustus 2014 panen akan meluas hingga mencapai 12.200 ha dengan perkiraan produksi 345 ribu ton.

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018