Jumat, 06 Desember 2019


Panen Padi, NTT Sosialisasi Kostratani di Kabupaten TTS

27 Nov 2019, 12:24 WIBEditor : Ahmad Soim

Panen padi di NTT | Sumber Foto:Dok

TABLOIDSINARTANI.COM - Meski kemarau Timor Tengah Selatan (TTS) masih bisa panen padi.  Mereka juga siap melaksanakan kostratani.

Kab TTS merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi NTT yang terletak di Daratan Timor. Berjarak sekitar 150 km dari Kota Kupang,

Kabupaten ini memiliki kontur dataran tinggi hingga pantai.  Meski sebagian wilayah berada di dataran tinggi namun hingga November 2019, belum turun hujan sehingga pertanaman padi belum dapat dilakukan.

Beberapa daerah sedang melaksanakan panen, meski dengan kondisi kekeringan, panen hanya dapat berkisar 4-5 ton per hektar, jauh lebih rendah dibandingkan kondisi panen optimum di wilayah TTS yang dapat mencapai 6-8 ton per hektar.

Kapusdiktan, Dr. Idha Widi Arsanti, beserta tim pada tanggal 24 November 2019 melaksanakan kunjungan ke Kabupaten TTS, diawali dengan kunjungan ke BPP Amanuba Selatan dilanjutkan dengan panen padi bersama aparat Pemda.

 Dalam kunjungan ke BPP, Kadis Pertanian, Otnial, SP. MSi, beserta penyuluh menyatakan kesediaan kesiapan untuk melaksanakan program pemerintah, yaitu Kostratani untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan kesejahteraan petani.    

Panen padi bersama Kapusdiktan dilaksanakan di areal persawahan Amanuba Selatan, berupa hamparan yang luasnya mencapai 3.615 Ha. bersama dengan Kadistan TTS, Penyuluh, Bapionsa, Camat, Kepala Desa, serta kelompok tani.  Semua pihak tetap bersemangat dan optimis untuk kedaulatan pangan walaupun saat ini sedang dilanda kekeringan. 

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018