Saturday, 22 February 2020


Bumi Berazam Awali 2020 dengan Panen Padi Batang Piaman

16 Jan 2020, 12:09 WIBEditor : Gesha

Panen padi di Kabupaten Karimun | Sumber Foto:BPTP KEPRI

TABLOIDSINARTANI.COM, Karimun ---- Mengawali tahun 2020, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Riau melakukan panen bersama varietas unggul baru (VUB) Padi Batang Piaman di Bumi Berazam, Kabupaten Karimun. Panen tersebut dihadiri bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan (DKP2KH) menghadirkan Plt. Gubernur Kepri.

Kepala BPTP Kepri, Sugeng Widodo menuturkan bahwa pengembangan pola tanam untuk peningkatan indeks pertanaman (IP) yang digalakkan BPTP Kepri telah berjalan beberapa tahun. "Untuk panen kali ini dilakukan di Kundur Utara, Kabupaten Karimun. Kegiatan yang difokuskan di Kabupaten Karimun ini berlokasi di lahan pertanian pangan berkelanjutan seluas 150 ha yang 6 ha diantaranya merupakan demplot BPTP Kepri," tambahnya.

VUB Padi Batang Piaman memang baru diperkenalkan oleh BPTP Kepri kepada anggota Gapoktan Mega Buana melalui BPP Kundur Utara dan Belat. Pemilihan varietas tersebut didasari oleh selera masyarakat setempat akan mengkonsumsi beras pera. Selain itu Batang Piaman juga memiliki keunggulan yaitu tahan terhadap hama blast batang (leher malai) dan blast daun. Posisi daun daun yang tegak juga tidak digemari oleh burung.

Pemanenan sendiri dilakukan menggunakan alsintan modern seperti combine harvester. Plt. Gubernur Kepri, Isdianto sendiri mengapresiasi hasil panen dari demplot BPTP Kepri dan diharapkannya akan ada tindak lanjut dari pengembangan inovasi teknologi yang sudah dilakukan ini. 

Perkiraan hasil sementara panen antara 2,8-4,0 ton per hektar. Hasil tersebut memang belum memenuhi target potensi panen, karena terkendala oleh masalah pengairan pada fase perbenihan. Pada saat itu Kepulauan Riau khususnya Karimun mengalami kemarau panjang yang mana dalam 2 bulan berturut turut tidak terjadi hujan sehingga benih kekurangan air.

“Bersinergi bersama dari semu sector agar menjadi pertanian yang tepat guna. Saya bersedia merealisasikan semua keluhan petani dan akan berusaha menghadapi kendala-kendala dalam usaha tani masyarakat Kabupaten Karimun agar produktivitasnya meningkat," tutupnya.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018