Wednesday, 26 February 2020


Penangkar Benih Cilacap Kembangkan Padi Nutri Zinc

21 Jan 2020, 13:40 WIBEditor : Yulianto

Penangkar benih padi di Cilacap sambut baik varietas padi Nutri Zinc | Sumber Foto:Wasis

Hasil riset terhadap varietas padi Inpari 46 NutriZinc ini memiliki kandungan Zinc tinggi hingga bisa dua kali lipat dari padi yang ada saat ini

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilacap---Pemerintah saat ini mendorong pengembangan varietas padi Inpari 46 Nutri Zinc untuk membantu pemenuhan gizi bagi masyarakat, termasuk mencegah stunting. Varietas padi tersebut diketahui memiliki kadar amilosa 16,6 persen dan potensi kandungan Zn 34,51 ppm.

Pelepasan galur-galur sebagai varietas baru tersebut memang diharapkan akan mampu meningkatkan nilai gizi masyarakat Indonesia. Peluang ini disambut baik Penangkar Benih (PB) Trans Tani yang berlokasi di Desa Mernek Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap dengan menanam padi Inpari 46 Nutri Zinc dengan luas lahan 3 ha pada Musim Tanam (MT) I tahun 2019 lalu.

Waluyo dan Kuswanto yang merupakan PB Trans Tani mengatakan, persemaian padi telah disebar pada 29 Oktober 2019. Pada pertengahan Januari 2020, padi sudah ber umur sekitar 2,5 bulan. Kami mendapatkan benih padi varietas padi Inpari 46 Nutri Zinc dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap sejumlah 75 kilogram. Rencananya cukup untuk lahan 3 ha," ujar Waluyo.

Varietas padi Inpari 46 Nutri Zinc setelah ditangkar agar di tanam petani di wilayah sawah hamparaan Kabupaten Cilacap dengan difasilitasi Dinas Pertanian. Waluyo memperkirakan, hasil panen maksimal untuk menjadi benih sekitar 15-16 ton.   Varietas ini mudah ditanam dan tekstur nasinya juga pulen. Semoga varietas ini, bisa diterima petani agar ditanam di Cilacap," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ermawati Syahyuni menjelaskan, hasil riset terhadap varietas padi Inpari 46 NutriZinc ini memiliki kandungan Zinc tinggi hingga bisa dua kali lipat dari padi yang ada saat ini.Meningkatkan nilai gizi sekaligus untuk mengatasi kekurangan gizi besi pada masyarakat,” katanya.

Erma mengatakan, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melaui Bidang Tanaman Pangan memberikan bantuan kepada petani sebanyak 120 kg benih. Sejumlah 75 kg untuk PB Trnas Tani, sedangkan sisanya 75 kg untuk kelompok tani lainnya.

"Penangkaran padi varietas Inpari 46 Nutri Zinc agar dihasilkan benih yang berkualitas. Ke depan untuk di tanam para petani di wilayah Kabupaten Cilacap,” ujarnya. Saat ini Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) Desa Mernek juga menanam sebagai demplot dengan varietas padi yang lain seperti, Mantap (1 ha), Cakra Buana (100 ubin) dan Siliwangi (50 ubin).

 

 

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018