Wednesday, 26 February 2020


Antisipasi Dini Serangan Hama Penggerek dengan Agens Hayati

24 Jan 2020, 16:15 WIBEditor : Gesha

Antisipasi dini serangan hama penggerek batang padi dengan agens hayati | Sumber Foto:HUMAS TP

TABLOIDSINARTANI.COM, Bekasi --- Hama Penggerek Batang Padi (PBP) menjadi salah satu hama utama yang sering menyerang tanaman padi, yang dapat menyebabkan kerusakan dari tingkat ringan, sedang, berat hingga puso. Petani memiliki berbagai cara untuk mengantisipasi serangan hama ini, salah satunya menggunakan agens hayati. Seperti apa?

Di tingkat petani, hama PBP ini dikenal dengan nama hama sundep dan sering menyerang tanaman padi pada fase vegetatif. Sedangkan pada fase generatif (sudah mulai muncul malai), hama ini juga sering muncul dan dikenal dengan nama hama Beluk. 

Karena mampu menyerang di setiap fase pertumbuhan, maka untuk mengurangi tingkat kerusakan tanaman akibat serangan hama PBP ini, harus dilakukan antisipasi sejak dini dengan melakukan tindakan pengendalian yang tepat, salahsatu tindakan antisipasi dini dengan menggunakan musuh alaminya, seperti melepas agens pengendali hayati PBP yaitu parasitoid telur yang dikenal dengan nama ilmiah Trichogramma SP.

Dua orang petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dari Kecamatan Babelandan Kecamatan Cikarang Pusat, Dede Siti dan Dede Zakaria mengungkapkan bahwa petani di wilayah kerjanya telah mencoba melakukan upaya pengendalian hayati dengan memasang pias-pias berisi telur parasitoid Trichogramma SP. dipertanaman padi sejak usia tanaman muda.        

Cara antisipasi dini serangan hama ini menjadi satu strategi pengendalian yang cukup efektif menekan perkembangan hama Sundep dan Beluk di Kelompok Tani Beting Jaya Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. 

Dijelaskan oleh petugas POPT yang mengawal pengamanan pertanaman padi di wilayah Kecamatan Babelan, Dede Siti, pemilihan pemasangan pias Trichogramma dilakukan sebagai antisipasi adanya penerbangan ngengat-ngengat imago hama PBP di wilayah tersebut agar populasinya tidak berkembang lebih lanjut.  

"Dari pengamatan kami, telah ada penerbangan ngengat imago hama PBP pada saat awal tanam padi, jadi untuk antisipasinya kami musyawarahkan bersama kelompok tani dan diputuskan untuk memasang pias-pias berisi telur Trichograma sp. Di pertanaman padi muda,” jelas Dede Siti.    

Untuk mendapatkan pias berisi telurparasitoid Trichogramma sp, mereka langsung berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi dan diarahkan untuk mengambil di Laboratorium OPT Cibitung

Reporter : TIARA
Sumber : HUMAS TANAMAN PANGAN
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018