Sunday, 26 June 2022


Air dan Benih Tersedia, Lampung Genjot Luas Tanam

16 Jun 2020, 14:20 WIBEditor : Yulianto

Plt Irjen Kementan, Sumardjo Gatot Irianto saat berkunjung ke Lampung | Sumber Foto:Humas Itjen Kementan

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandar Lampung--- Kementerian Pertanian terus mengupayakan percepatan tanam padi di beberapa wilayah untuk menjamin ketersediaan pangan di masa pandemi dan antisipasi terjadinya kekeringan. Salah satunya di Provinsi Lampung yang merupakansalah satu sentra produksi padi Indonesia.

Plt. Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Sumardjo Gatot Irianto, saat mempin Rakor Percepetan Tanam Padi Propinsi Lampungdi aula Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Hajimena, Senin (15/6)  meminta agar dinas dan petani di Lampung segera melakukan gerakan percepatan tanam serentak.

“Saya berharap dinas segera melakukan upaya untuk melakukan percepatan tanam. Air tersedia cukup banyak, benih juga tersedia, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan gerakan tanam dengan segera,” kata Gatot.

Lebih lanjut, Gatot mengungkapkan, berdasarkan hasil  pantauan di lapangan, banyak potensi lahan yang sudah siap untuk dilakukan olah tanam dan tanam kembali. “Potensi ini harus digarap dengan serius agar stok pangan aman,” tegasnya.

Seluruh dinas pertanian kabupaten/kota di Provinsi Lampung sepakat untuk percepatan tanam dan menambah luas tanam dengan memanfaatkan lahan sawah yang telah panen dan juga mendata kembali lahan kering.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan TPH Provinsi Lampung Kusnardi dalam rakor tersebut menyebutkan, hasil identifikasi, pada Juni 2020  target tanam padi ditingkatkan menjadi seluas 205.636 ha dari potensi tanam 236.341 ha.

Daerah yang menjadi andalan untuk peningkatan luas tanam padi antara lain Kabupaten Lampung Selatan seluas 27.000 ha, Lampung Timur 36.000 ha, Lampung Tengah 50.000 ha dan Tulang Bawang 36.000 ha. “Realisasi tanam Juni sampai saat rakor selus 49.008 ha. Sedangkan sisanya akan dipenuhi sampai akhir bulan, kita optimis akan tercapai,kata Kusnardi.

Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, M. Takdir Mulyadi yang mendukung upaya Lampung meningkatkan luas tambah tanam padi pada musim tanam kali ini. Pihaknya akan mensuport dengan menyediakan benih unggul sesuai kebutuhan petani.

Reporter : Indrastari
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018