Saturday, 26 September 2020


Tingkatkan Kesadaran Petani Lewat Sekolah Lapang

25 Jun 2020, 15:38 WIBEditor : Gesha

Petani dan sekolah lapang | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang --- Sekolah Lapang IPDMIP Petani Padi Sawah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani terhadap usaha taninya agar produksi dan produktifitas padi meningkat.

Kegiatan SL IPDMIP kali ini dilaksanakan di wilayah Daerah Irigasi (DI) di kabupaten serang salah satunya di Kecamatan Cinangka tepatnya di Daerah Irigasi (DI) Cikuray dan Cinenten disekitar daerah irigasi tersebut. Dengan pemandu lapang adalah penyuluh pertanian Kecamatan Cinangka.

SL IPDMIP ini dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan dengan anggota sebanyak 25 orang yang berasal dari beberapa kelompok tani yang berada di DI Cikuray dan Cinenten.

Sehibgga dengan adanya SL ini, petani bisa meningkatkan kemampuan dan kesadaran petani dalam memanfaatkan lahan usahataninya secara produktif.

Termasuk meningkatkan kepercayaan diri petani dalam mengadopsi praktek-praktek budidaya dan pengelolaan usahatani yang lebih baik dan membangun kemandirian petani dalam pengelolaan proses pembelajaran dari, oleh, dan untuk petani.

Dari SL ini, diharapkan nantinya produktivitas padi di daerah irigasi lokasi proyek meningkat minimal 50 persen. Termasuk, Intensitas tanam di daerah irigasi lokasi proyek meningkat minimal 25 persen 

Reporter : Muhaedi
Sumber : Penyuluh Pertanian Kec. Cinangka Kab. Serang
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018