Kamis, 18 April 2024


Panen Padi, Cara Kabupaten Bungo Jaga Ketahanan Pangan

28 Jun 2020, 17:48 WIBEditor : Gesha

Panen di Kabupaten Bungo | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bungo --- Pandemi global Covid – 19 tidak menghalangi aktivitas insan pertanian  di Provinsi Jambi, salah satunya kelompoktani di Kabupaten Bungo tetap semangat dan giat melakukan panen padi dan telah melakukan persemaian untuk tanam berikutnya. 

Seperti yang selalu digaungkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa insan pertanian merupakan pejuang pangan yang terus menerus secara mandiri maupun melalui bantuan pemerintah mampu menyediakan pangan pada kondisi darurat seperti masa pandemi covid – 19 ini.

Aktivitas pertanian harus terus berlanjut  dan tidak boleh terhenti, bahkan peran penyuluh pertanian mejadi sangat penting  dalam mengawal petani untuk meningkatkan produksi, karena pertanian sebagai gerbang terdepan penyedia stok pangan baik untuk daerah maupun nasional. 

Panen padi varitas Inpari 3 yang dilaksanakan di Kabupaten Bungo Dusun Lubuk Banteng di wilayah kerja BPP Bathin III dihadiri oleh Dinas Kabupaten yang diwakili Kasi Program, Rio dan jajarannya,  BPP Bathin III dan Penyuluh Pertanian Sukarni Afrida.

Kelompoktani Lebak Banteng dan Poktan Tunas Muda kali ini panen bersama dengan luasan 40 hektar dengan hasil mencapai 6,8 ton/ha. Sungguh suatu berkah yang luar biasa di masa pandemi Covid – 19 yang belum dapat diprediksi kapan berakhir.

Kasi Program, Rio yang mewakili Kepala Dinas dalam sambutannya juga menyampaikan agar petani/poktan tetap menjaga kesehatan dan semangat dalam berproduksi serta menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor.

Penyuluh Pertanian dan koordinator BPP mengingatkan agar selalu mengawal dan mendampingi petani atau kelompok tani dengan semangat untuk mengolah lahan percepatan tanam untuk mengantisipasi ancaman musim kemarau.

Karenanya, Kementerian Pertanian selalu mengajak Indonesia untuk optimis, Indonesia akan terus ada sebagai negara besar, kaya, dan tak lupa selalu mendukung petani.

 

Reporter : Siti Hafsah
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018