Tuesday, 27 October 2020


Gerakan Semai Jakarta, Kolaborasi Dinas KPKP-PKK DKI Jakarta untuk Ketahanan Pangan Warga

28 Sep 2020, 07:08 WIBEditor : Gesha

Gerakan semai di Jakarta | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Ketersediaan bahan pangan yang dekat dengan lingkungan domisili warga menjadi sangat penting karena terbatasnya aktivitas di luar rumah demi waspada Covid-19. Namun sekarang, sebagian masyarakat DKI Jakarta telah giat melaksanakan pertanian perkotaan (Urban Farming).

Kendala keterbatasan lahan di perkotaan telah mampu warga Ibukota atasi dengan berbagai kreatifitas serta penerapan teknologi pertanian. Kegiatan tersebut telah mampu menyediakan berbagai kebutuhan pangan warga seperti sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, dan tanaman obat (toga).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah memprogramkan Go JakFarm atau Jakarta Bertanam untuk meningkatkan aktifitas Urban Farming warga. Tim Penggerak PKK Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menginisiasi “Gerakan Semai Jakarta” di masa pandemic Covid-19 pada Jumat (18/9) secara virtual (online). Peserta pelatihan bertani untuk pemula ini terdiri dari kader PKK serta warga Jakarta lainnya. 

“Menjaga ketahanan pangan ini bisa dimulai dari lingkungan terdekat kita. Di masa pandemi ini membuat kita sadar pentingnya ketahanan pangan. Mudah-mudahan Gerakan Semai Jakarta ini menjadi gerakan yang berkesinambungan sampai ke angkatan berikutnya,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati. 

Lebih lanjut Fery mengemukakan bahwa warga harus bisa melakukan penyesuaian dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masa Pandemi. Gerakan Semai Jakarta sebagai sebuah ajakan aksi hidup baik dari warga khususnya PKK DKI Jakarta untuk menjadikan berkebun sebagai kebiasaan di rumah. 

Senada dengan Fery, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta juga sangat mengapresiasi warga yang mengembangkan Urban Farming di lingkungannya.

“Saat ini kegiatan pertanian bukan hanya di lahan sawah atau kebun tetapi telah banyak dilakukan di pekarangan, gang kecil, RPTRA, perkantoran, sekolah, rusun, fasilitas umum, lahan milik swasta, rooftop bahkan bantaran kali. Teknologi tepat guna seperti hidroponik, aquaponik, vertiminaponik, vertikultur, serta pemanfaatan barang bekas juga telah berhasil diaplikasikan para penggiat Urban Farming. Dinas KPKP sangat mendukung dan mengapresiasi Tim Penggerak PKK Provinsi atas inisiasi Gerakan Semai Jakarta,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni.

Kegiatan Gerakan Semai Jakarta juga didukung oleh PT BISI International Tbk dengan memberikan aneka benih sayuran antara lain bayam, kangkung, terong, cabai, tomat, dan ketimun. 

Dinas KPKP menghimbau agar selama berkegiatan warga Jakarta tetap melaksanakan protocol kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengkonsumsi pangan bergizi.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018