Sunday, 29 November 2020


BASF Berkomitmen Dukung Pertanian Berkelanjutan.

21 Nov 2020, 07:09 WIBEditor : Gesha

BASF telah berkomitmen untuk mencapai target yang jelas dan terukur untuk mendorong pertanian berkelanjutan pada tahun 2030, dengan fokus pada pendongkrak terbesar yang akan membuat pertanian lebih berkelanjutan dan berkontribusi pada kebutuhan masyarak | Sumber Foto:BASF

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Sukses menghasilkan dan memasarkan  berbagai jenis produk perlindungan tanaman di banyak negara , BASF kini makin memantapkan komitmennya untuk mendukung terciptanya pertanian berkelanjutan.

Presiden  Divisi Solusi Pertanian BASF, Vincent Gros  dalam keterangan persnya mengemukakan, dalam beberapa dekade mendatang akan terjadi transformasi di bidang pertanian dan penyediaan pangan.

Transformasi ini didorong oleh adanya seruan dan tuntutan masyarakat terhadap praktik  kegiatan pertanian dengan hasil yang lebih berkualitas dan bernilai  , ramah lingkungan serta berimplikasi meningkatkan kesejahteraan petani.

"Dilatarbelakangi kondisi tersebut  maka pada tahun 2019 telah diluncurkan strategi BASF    di bidang pertanian ," jelas Vincent Gros.

Melalui strategi dimaksud antara lain perusahaan akan membantu petani mencapai pengurangan emisi C02 sebesar 30 persen per ton hasil tanaman. 

BASF juga akan mengaplikasikan teknologi digital ke lebih dari 400 juta ha lahan pertanian dan memastikan produknya digunakan petani secara aman dibawah pengawasan tenaga teknis yang ahli di bidangnya. 

BASF akan mendukung langkah petani melaksanakan budidaya pertanian yang lebih efisien ditengah kondisi cuaca yang tidak menentu melalui penerapan teknologi  yang berorientasi pada peningkatan hasil panen  dan teknologi ramah lingkungan. 

Sehubungan dengan itu kedepan akan lebih diintensifkan sosialisasi produk manajemen nitrogen seperti Vibelson dan Vizura yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca juga produk perlindungan tanaman seperti herbisida Kixor  yang memungkinkan petani bercocok tanam tanpa membajak dan tanpa menggunakan solar. 

Perkuat Litbang

BASF bertekad untuk meningkatkan jumlah solusi berkelanjutan untuk petani dari tahun ke tahun. Karenanya perusahaan terus berinvestasi untuk memperkuat aktivitas di bidang penelitian dan pengembangan (Litbang).

Melalui kegiatan Litbang tersebut diharapkan kian banyak diperoleh solusi terkait penggunaan sumber daya alam secara efisien dan upaya mengatasi  dampak lingkungan. 

Vincent menegaskan bahwa Divisi Solusi Pertanian BASF akan berupaya berkontribusi secara signifikan 

pada target grup BASF sebesar 22 miliar Euro dari hasil  penjualan pada 2025 serta  dapat meningkatkan pangsa penjualan produk-produk pendukung pertanian berkelanjutan sebesar 7% setiap tahunnya .

Reporter : IRA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018