Sunday, 11 April 2021


Korporasi Petani Batang Asam Panen Benih Padi Inpari Nutri Zink

28 Feb 2021, 05:36 WIBEditor : Ahmad Soim

Panen padi untuk benih | Sumber Foto:Dok

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Batang Asam Kelompok Tani Karya Mukti membangun korporasi petani berhasil panen benih padi varietas Inpari Nutri Zink. Produktivitas benihnya antara 2-3 ton benih padi/ha.

Kegiatan penangkaran petani produsen benih tanaman pangan berbasis korporasi di Batang Asam, Tanjung Jabung Barat, Jambi itu dilakukan di lahan seluas 5 ha. Yang akan terus dikembangkan menjadi 70 ha dalam satu kawasan. Batang Asam memiliki potensi sawah seluas 1000 ha.  

Kepala Dinas Pertanian Propinsi Jambi Ir. Ahmad Maushul saat melakukan panen raya padi untuk benih varietas Inpari Nutri Zink di Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam, Selasa (23/2/21) mengatakan daerah ini merupakan penyumbang terbesar produksi benih padi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Batang Asam lanjutnya memiliki irigasi terbaik di Provinsi Jambi.  “Selamat atas keberhasilan petani khususnya di Desa Rawa Medang ini, untuk mempertahankan penangkar benih padi dengan baik sudah dapat disejajarkan produksinya dengan penangkar yang sudah ada di Indonesia,” tuturnya.

Kadis TPHP Propinsi Jambi  mengatakan dengan adanya panen Penangkar Benih padi ini bisa menjadi pemacu semangat petani untuk dapat meningkatkan produksi dan produktivitas Benih padi dengan dukungan pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam bentuk bantuan, pembinaan dan penerapan teknologi tepat guna.

Juga hadir pada Panen Penangakar Padi Varietas Inpari Nutri Zink,asisten II kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Taufik. Kadis Tanaman Pangan  Tanjung Jabung Barat Ir. Zainudin beserta jajaran nya. Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman (BPSB) Jambi Beserta Jajaran nya. Kepala Desa Rawa Medang II Saprai. Koordinato BPP Sucipto. SPKP. Penyuluh Desa Rawa Medang Hariyanto Hasibuan SP dan seluruh PPL Kec Batang Asam Gapoktan Desa Rawa Medang Muhidi Ketua Kelompok Tani karya mukti Rahmat dan Pengurus Poktan se Desa Rawa Medang. Rekanan Formulator produk DGW Ahmad Jauhari dan Formulator Mahakam Rudi Arifin.

 

Reporter : Som
Sumber : Aemudin
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018