Friday, 07 May 2021


Tanpa Pupuk Subsidi, Petani Bone Hasilkan 12 Ton Gabah/ Hektar 

25 Apr 2021, 09:33 WIBEditor : Ahmad Soim

Demplot Mandiri budidaya padi di Bone | Sumber Foto:Suriady

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bone -- Demplot Pertanian Mandiri dilaksanakan Kelompok Tani Mamminasae yang dibimbing PPK Pertanian bersama timnya. Lokasinya terletak di Desa Pakkasalo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone.  Hasilnya di luar dugaan. Hasil ubinannya mencapai 12 ton per hektar.

Musting, Tenaga Pendamping Masyarakat IPDMIP yang bertugas di Kecamatan Dua Boccoe, mengatakan hal itu, Jumat 24 April 2021. Menurutnya hasil tersebut sangat menggembirakan dan bisa membuat perekonomian dan bisa meningkatkan taraf hidup petani apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

Lebih lanjut, Musting mengatakan: "Pupuk yang digunakan adalah pupuk non subsidi yang selama ini kurang dipakai petani karena dari segi harga yang lebih mahal dan kurang terbiasa," ujarnya.

BACA JUGA:

Demplot ini sebagai inspirasi buat petani yang selama ini sering mengeluhkan kelangkaan pupuk, mereka bisa beralih memakai pupuk non subsidi yang hasilnya sangat memuaskan. 

Selaku Tenaga Pendamping Masyarakat yang berfungsi sebagai motivator dan fasilitator, Musting mengatakan kepada para petani agar tidak selalu bergantung kepada pupuk bersubsidi, karena pupuk non subsidi hasilnya pun sangat menguntungkan.

"Ketika ingin berhasil dalam pertanian terutama padi, hal yang harus selalu dijaga adalah serius menggeluti pekerjaan, mulai dari pengolahan tanah, pemupukan, serta perhatian hingga menjelang panen, kalau hal tersebut dilakukan secara bersungguh-sungguh In sya Allah hasilnya akan memuaskan pula," tutup Musting.

=== 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018