Sunday, 09 May 2021


BUMD Pandeglang Diminta Ikut Serap Gabah Petani

29 Apr 2021, 14:59 WIBEditor : Ahmad Soim

Panen padi | Sumber Foto:Dok Sinar Tani

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Pandeglang --  Pada saat panen raya, harga gabah petani berpotensi menurun. Politisi di daerah Pandeglang pun meminta agar BUMD daerah ikut menyerap gabah petani.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pandeglang Andi Mulyana menegaskan, “Kita harus berterimakasih kepada para petani kita, karena petanilah, kita tidak kelaparan, nyawa kita sebagai bangsa masih tetap ada. Para Petani telah memberikan kontribusi besar terhadap negara", ujarnya.

BACA JUGA:

Melihat data BPS bahwa sektor pertanian pada tahun 2020 mulai dari kuartal 2 hingga kuartal 4 mengalami pertumbuhan yang stabil di angka rata - rata 2,31%, sementara    sektor lainnya mengalami kontraksi, dia mengatakan:  “Karena itu, saat petani padi terkhusus di Pandeglang yang sedang memasuki masa panen, pemerintah daerah harus menjaga jangan sampai harga gabah dan beras di tingkat petani jatuh di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP).” lanjut Andi kepada Tabloid Sinar Tani (28/4)

Pemerintah mesti menjamin serapan hasil panen dan distribusi pasar agar petani mendapatkan harga yang layak. "Selain Bulog, BUMD milik Kabupaten Pandeglang maupun Provinsi Banten diharapkan responsif dan berdampak langsung terhadap petani sebagai produsen pangan. Lebih utamakan hasil panen petani lokal Pandeglang dan Banten", pungkas Andi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni Agroekoteknologi Untirta.

 

----

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Suroyo
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018