Sunday, 09 May 2021


Bantu Sarana Pengendalian Hama Penyakit

04 May 2021, 15:21 WIBEditor : Yulianto

Belalang kembara, hama yang perlu diwaspadai | Sumber Foto:Humas Ditjen Tanaman Pangan

Dihubungi di Jakarta, Direktur Perlindungan Tanaman, Mohammad Takdir Mulyadi menyatakan, pihaknya terus mengawal dan mendukung pengamanan produksi pangan dari serangan hama dan penyakit tanaman, secara khusus di Sumba Tengah ini, yang berhasil mengamankan produksi padi dan jagung di kawasan Food Estate dari ancaman serangan hama belalang kembara. Saat ini pertanaman padi di kawasan tersebut sebagian telah mulai dipanen.

“Kami akan terus mengawal pengamanan produksi kawasan food estate di Kabupaten Sumba Tengah dari gangguan hama dan penyakit tanaman,” katanya.

Untuk pengendalian hama tersebut, Takdir mengatakan, pemerintah menyediakan bahan dan sarana pengendalian secukupnya, pendampingan kegiatan. Selain itu juga bimbingan teknis yang diperlukan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman pangan, agar produksi pangan, khususnya di sentra produksi seperti food estate ini dapat aman dan tercapai target produksi.

Khusus untuk mengamankan kawasan Food Estate Sumba tengah dari ancaman serangan belalang kembara, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan telah menurunkan tim pengendali, mengirim sarana pengendalian berupa 2 unit power sprayer, 10 unit Mist Blower, menyediakan gerakan pengendaliakan padat karya seluas 120 hektar, dan insektisida yang masih tersedia 5.172 liter yang disimpan di gudang BBU Lewa dan Dinas Pertanian Sumba Tengah.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi meminta, Pemerintah Pusat, Daerah, sampai dengan para petugas pendamping di lapangan harus bisa berkolaborasi dan bekerjasama secara cepat untuk mengamankan produksi tanaman pangan dimanapun dari ancaman serangan hama dan penyakit.

 

Reporter : Humas Ditjen Tanaman Pangan
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018