Thursday, 23 September 2021


Catat ! Webinar Jagung, Pangan Sumber Karbohidrat Kaya Manfaat

05 Sep 2021, 14:37 WIBEditor : SINAR TANI

Webinar Jagung, Sumber Karbohidrat Kaya Manfaat | Sumber Foto:Sinar Tani

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--- Jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Komoditas ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tetapi juga untuk bahan pakan dan industri.

Sebagai komoditas dengan potensi produksi dan konsumsi yang tinggi, jagung didorong menjadi salah satu komoditas pangan pokok alternatif selain beras dalam program diversifikasi pangan. Dalam lima tahun ke depan, pemerintah menargetkan penurunan konsumsi beras nasional dari 94 kg/kapita (tahun 2020) menjadi 85 kg/kapita di tahun 2024.

Upaya ini harus dibarengi dengan peningkatan konsumsi pangan sumber karbohidrat lain seperti jagung yang ditargetkan meningkat menjadi 4,1 kg/kapita pada tahun 2024 dengan realisasi konsumsi tahun 2020 sebesar 1,8 kg/kapita.

Jika melihat potensinya, peluang jagung dalam diversifikasi pangan sangat besar, apalagi jagung banyak dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan beberapa wilayah sudah terbiasa mengonsumsi jagung sebagai bahan pangan pokok. Sayangnya memang selama ini masyarakat masih sebatas mengolah jagung dengan tradisional atau sekadar direbus. Padahal banyak ragam olahan yang dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga memberikan nilai tambah.

Dengan besarnya potensi jagung membuat sejumlah UMKM di Tanah Air kini telah mengolah pangan berbahan baku jagung. Ada tepung jagung, beras jagung, brownies jagung, egg roll jagung, mie jagung dan produk olahan jagung lainnya yang mudah ditemui di pasaran. 

Untuk mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi jagung, Tabloid Sinar Tani bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian RI mengadakan webinar : EKSPLORASI PANGAN LOKAL SERI 5 : Jagung, Pangan Sumber Karbohidrat Kaya Manfaat, pada:

Hari, Tanggal : Rabu, 8 September 2021

Waktu : Pukul 09.30 – 12.00 WIB

Webinar dapat diakses Melalui :

Zoom Meeting : http://rebrand.ly/WebinarJagung

Meeting ID : 813 4839 6365

Passcode : JAGUNG

YouTube SINTA TV : http://rebrand.ly/Jagung-Manis

Facebook : tabloidsinartani.com http://rebrand.ly/Mangan-Jagung

Pembicara :

1. Keynote speech Dr. Sarwo Edhy, SP, MM Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI 

2. Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS - Guru besar IPB university, Ahli Gizi

3. Dr. Iceu Agustinisari, S.TP, MSi - Peneliti  Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian Kementan RI 

4. Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto, M.Agr Pimpinan PT. FITS Mandiri 

5. H. Muhrodi, SE - Ketua Mutiara Baru Plumbon Kebumen 

Jangan lupa, Catat Tanggal dan Waktunya ya Sahabat Setia, yukss ikutan bergabung, karena ada Hadiah Menarik bagi Penanya Terbaik

Reporter : SINAR TANI
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018