Thursday, 23 September 2021


Kota Hujan Mulai Panen Sorgum

13 Sep 2021, 13:50 WIBEditor : Gesha

Panen sorgum di Kota Bogor | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor -- Bertanam sorgum biasanya identik dengan lahan kering. Tetapi petani di Kota Hujan, Bogor berhasil membuktikan panen sorgum. 

"Kelompok Tani Dewasa (KTD) Beras Merah Wangi Sorgum Bogor Raya (BMW Sogora), Tanah Baru Bogor Utara sudah membuktikan bisa panen sorgum di Kota Bogor, " ungkap Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Penyuluhan Pertanian DKPP Kota Bogor, Dian Herdiawan. 

Ditambahkan Dian, sorgum tersebut panen di usia 70 hari (2,5 bulan) dari hari setelah tanam. "1 tahun bisa 4 kali panen.  Hasil panen dijual kepada pabrik pakan dengan harga Rp 900 per kilogram untuk dibuat silase," jelasnya. 

Sorgum yang ditanam KTD BMW Sogora ini mencapai populasi 100 ribu batang untuk 1 hektarhektar atau dengan bobot 60 ton. "Kalau dihitung, petani bisa dapatkan hasil Rp 30 juta. Atau keuntungannya mencapai Rp 15 juta per satu kali panen, " tuturnya. 

Untuk diketahui, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor sendiri sejak tahun 2020 silam mulai melakukan ujicoba sorgum varietas Bioguma 1 yang sudah dirilis oleh Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB-Biogen). 

Dari hasil ujicoba di Katulampa dan Bogor Raya, bisa dipanen 150 gram sorgum sebanyak 150 gram dengan hasil yang baik bahkan bisa sampai 4 kali panen, meskipun harus dengan pemupukan yang baik. 

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018