Monday, 06 December 2021


Bisnis Pangan Lokal dengan Sentuhan Milenial dari Herdinda Arum

12 Nov 2021, 19:21 WIBEditor : Yulianto

Herdinda Arum Pradipta | Sumber Foto:Dok. sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pangan ternyata masih eksis di tengah pandemi Covid-19. Contohnya “Arum Ayu Healthy Food” yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan. Apalagi dengan sentuhan tangan milenial, usaha olahan pangan lokal kian digemari dari berbagai generasi.

Bagi penggiat pangan lokal, khususnya umbi-umbian nama Ambarwati mungkin tak asing lagi. Keseriusannya mengembangkan pangan lokal berbuah dengan raihan penghargaan anugerah Adikarya Ketahanan Pangan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2011.

Meski kini Ambarwati telah ‘berpulang’, namun usaha yang memakai nama kedua anaknya Arum dan Ayu itu, tak berhenti. Herdinda Arum Pradipta atau akrab disapa Arum, menjadi penerus usaha yang dirintis orang tuanya tersebut. Lulus kuliah jurusan Teknologi Pangan Universitas Pelita Harapan, membuat dirinya kian tertarik mengelola usaha pangan olahan berbahan baku umbi-umbian, khususnya singkong.

“Saya lulus kuliah tahun 2019. Waktu itu untuk mencari pekerjaan pun sulit, karena sedang ada Covid-19,” tambahnya. Karena itulah, Arum kemudian lebih serius menekuni usaha pangan lokal milik orangtuanya. “Kebetulan skripsi saya mengenai mocaf,” ujarnya saat Talkshow UMKM Pangan Lokal Naik Kelas yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani bersama Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Kamis (11/11).

Meski usahanya merupakan warisan, tak membuat Arum berdiam diri. Justru yang ada dalam pikirannya bagaimana mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Apalagi saat memulai usahanya tersebut bertepatan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Kegigihan memasyarakatkan pangan lokal dimulai sejak orang tuanya sering mengunjungi berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya, Ambon, Maluku, Aceh, Papua, Kalimantan untuk menggali potensi pangan lokal yang dapat diolah.

Jualan Online

Bagi Arum, pencapaian besar saat menekuni usaha ini adalah berhasil menjual tepung Mocaf sebanyak 300-500 kg pada Mei-Juni 2020. Padahal, orang tuanya menjual 10 kg saja sulit. Kesuksesan ini berkat strateginya berjualan secara online di beberapa marketplace dan media sosial yang kini tren saat pandemi.

Dirinya aktif memposting produk-produk hasil usahanya seperti Instagram, WhatsApp Group dan Facebook. Dalam memasarkan produk pangan lokal di media sosial tersebut, Arum mempunyai strategi sendiri. Dirinya tak hanya berjualan produk seperti pelaku usaha lainnya. Dengan ilmu teknologi pangan yang dimiliki, ia juga kerap memberikan pemahaman tentang manfaat pangan lokal.

Di media sosial Arum menampilkan bagaimana kelebihan Mocaf.  Mocaf adalah tepung singkong yang hampir menyerupai tepung terigu, tapi gluten free. Dengan demikian, aman untuk pencernaan para penderita autoimun maupun autisme. “Mocaf karakteristiknya mirip terigu yang cocok sebagai bahan pembuat aneka kue,” katanya.

Gluten adalah salah satu jenis protein di dalam gandum yang mampu membuat adonan kue elastis memberikan tekstur kenyal, dan memberikan kemampuan untuk roti mengembang saat dipanggang. Mengonsumsi makanan yang mengandung gluten sebaiknya dibatasi, terutama untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan,” sarannya.

Dirinya ingin mengubah persepsi kaum milenial  yang masih memandang sebelah mata terhadap aneka pangan lokal seperti singkong, ganyong, dan berbagai umbi-umbian lainnya. Seperti singkong, ternyata tidak hanya diolah dengan digoreng atau direbus, melainkan dapat dikreasikan menjadi berbagai makanan enak.

Produk yang ditawarkan kini bukan hanya bahan mentah, pengusaha milenial berusia 24 tahun ini pun membuat berbagai kreasi olahan pangan dari tepung mocaf. Diantaranya, cake ulang tahun, brownies, soes kering, cookies tanpa telur, dan aneka tepung bumbu untuk menggoreng ayam, pisang dan tempe. Ternyata produknya tersebut diminati pasar.

“Potensi bisnis pangan berbasis bahan lokal ini masih luas. Kami membuat. Banyak yang sudah memesan, dari Aceh hingga Papua,” kata Arum. Kini Arum Ayu Healthy Food membuka peluang bagi para reseller produk-produknya. Siapa berminat

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018