Monday, 06 December 2021


Bupati Wajo: Optimalkan Lahan dengan Pertanian Terpadu

15 Nov 2021, 16:22 WIBEditor : Yulianto

Bupati Wajo, Amran Mahmud membuka pelatihan teknis ternak sapi | Sumber Foto:Suriady

TABLOIDSINARTANI.COM, Wajo---Potensi Kabupateb Wajo cukup besar sebagai sentra pangan, perikanan dan peternakan.  Karena itu Bupati Wajo mengajak petani mengembangkan pertanian terpadu dengan mengopimalkan lahan yang ada.

“Pertanian, perikanan dan peternakan adalah potensi unggulan Kabupaten Wajo. Salah satu program unggulan kami adalah pertanian terpadu,” kata Bupati Wajo, Amran Mahmud saat pelatihan teknis budidaya ternak sapi bagi non aparatur Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Manyili Desa Manyili, Kecamatan Takkalalla, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Amran meminta agar lahan masyarakat bisa dimaksimalkan dan ditingkatkan pendapatannya.  Jadi, selain hasil pertanian diharapkan juga dalam kawasan tersebut ada budidaya perikanan dan peternakan. Dengan begitu Amran berharap produktifitas lahan juga meningkat, sehingga pendapatan masyarakat juga bisa bertambah.

"Kita memang berharap agar selain menjadi lumbung padi, Kabupaten Wajo juga bisa menjadi lumbung daging. Kita ingin jadi penyuplai beras dan daging untuk daerah lain,” katanya. Karena itu, melalui pelatihan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BBPP Kupang, Bambang Haryanto bersama jajaran, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo, Ashar bersama Kabid Peternakan, drh. Bone, Camat Takkalalla, Sandi Borahim serta seluruh peserta pelatihan dan undangan lainnya.

Amran Mahmud menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, dan secara khusus kepada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) serta Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang atas terselenggaranya pelatihan ini.

"Pada kesempatan menerima penghargaan Pin Emas Lencana Adhi Bhakti Nelayan dari KTNA Pusat, saya bertemu dengan sekretaris BPPSDMP, Dr. Sitti Munifah. Saya pun meminta kepada beliau untuk bisa diadakan pelatihan peternakan di Wajo dan alhamdulillah hari ini terkabul dan dilaksanakan oleh BBPP Kupang. Bahkan Kepala Balai yang langsung hadir di Wajo," ucap Amran Mahmud dengan penuh kegembiraan.

Sementara Kepala BBPP Kupang, Bambang Haryanto menyampaikan Menteri Pertanian selalu menitipkan pesan untuk menjadi motivasi kepada petani dan penyuluh pertanian. Pertama, bagaimana memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang berjumlah sekitar 270 juta jiwa.

“Kedua bagaimana meningkatkan produktifitas pertanian dan perternakan. Ketiga adalah bagaimana kita bisa mengekspor hasil pertanian kita," ucapnya.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018