Rabu, 28 September 2022


Sembako Murah di UMKM Expo Kadin Sidrap

08 Peb 2022, 11:19 WIBEditor : Herman

UMKM Expo Kadin Sidrap

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap --- UMKM Expo 2022 diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Kabupaten Sidrap. Selain untuk menyambut hari jadi Kabupaten Sidrap, acara ini dibuat untuk membangkitkan kembali gairah UMKM di masa pandemi.  

Berlangsung di Pelataran Monumen Ganggawa Pangkajene Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, UMKM Expo 2022 merupakan bentuk kepedulian Kadin pada para penggiat UMKM di Kabupaten Sidrap.  

“Selain untuk menyambut hari jadi Sidenreng Rappang ke-678 yang jatuh pada 18 Februari 2022, UMKM Expo 2022 merupakan salah satu upaya Kadin Sidrap untuk membangkitkan kembali usaha UMKM dimasa pandemi,” ungkap Ketua Kadin Sidrap, A. M. Yusuf Ruby.

Ditempat yang sama Sekda Sidrap mengatakan bahwa Expo UMKM Kadin Sidrap ini sangat membantu pelaku ekonomi mikro, kecil dan menengah dalam mempromosikan produk.  

"Pemkab tentu mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Ini merupakan upaya yang sangat baik membantu UMKM mempromosikan produk-produknya, sekaligus membangkitkan kembali gairah ekonomi di masa pandemi," kata Sudirman. 

Terkait pemberian izin penyelenggaraan kegiatan, Sudirman menyebut izin yang dikeluarkan telah melalui beberapa kesepakatan bersama dengan pihak terkait.  

Sudirman menambahkan, meski di Kabupaten Sidrap saat ini dibolehkan beberapa kegiatan masyarakat, namun ia mengingatkan agar protokol kesehatan senantiasa diterapkan. 

"Karenanya Kami tetap mengingatkan penyelenggara untuk selalu mengimbau masyarakat menerapkan prokes ketat. Jika tidak dijalankan, pemerintah akan menghentikan kegiatan tersebut dan itu sudah disepakati bersama," jelas Sudirman. 

Sudirman selanjutnya mengajak seluruh pihak bersama-sama mendukung kegiatan tersebut, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan kegiatan.

"Harapan kita, kegiatan berjalan sukses, menjalankan protokol kesehatan, dan ekonomi dapat bangkit kembali di tengah pandemi," pungkas Sudirman.  

Acara itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Sidrap, Kasman, Pasi Intel Kodim 1420, Lettu Inf Ratno, Kabag Ops Polres Sidrap, Kompol Nasri, Hakim PN Sidrap, Masdiana, Kasi Intel Kejari, Aditya.  

Tampak pula sejumlah kepala OPD, lurah dan pihak perbankan serta pelaku UMKM. 

Usai acara pembukaan, Sekda Sidrap didampingi Ketua Kadin beserta tamu undangan berkesempatan meninjau beberapa stand UMKM.

Beragam produk Usaha Mikro Kecil Menengah Kebawah (UMKM) ditampilkan didalam lokasi pelataran Panker sebagai tempat pelaksanaan Kadin Expo UMKM Sidrap 2022, seperti kuliner produk olahan pangan, makanan tradisional, minuman, produk dagangan serta kerajinan tangan maupun aksesoris home industri serta stand penjualan otomotif kendaraan roda empat dan dua. 

Dari awal dibuka, Stand Bulog tak pernah sepi dari pengunjung. Terutama kaum hawa yang paling mendominasi terlihat antri di Stand Plat Merah Pemerintah ini. 

Bukan apanya, Bulog Sidrap menawarkan sembako murah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Diantaranya Beras, Minyak Goreng, Terigu dan Gula Pasir. Untuk paket sembako Bulog menawarkan paket khusus seharga Rp 48 ribu per paketnya, diantara beras 1 Kilogram, Minyak Goreng 2 Liter. 

Produk Bulog Sidrap ini sangat membantu kebutuhan kaum ibu rumah tangga karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah ketimbang dipasaran umum maupun pasar swalayan modern. 

Seperti minyak goreng hanya dijual Rp 14 ribu perliter, sementara di pasaran umum itu harganya melangit hingga 41 ribu perliternya.

Begitupun gula pasir juga dijual di bawah harga pasaran seperti harga Bulog Rp 12 ribu perliter, sementara pasaran umum Rp15 hingga 16 ribu perliternya. 

Adapun Terigu itu, Bulog melepas harga hanya Rp 9,500 perkilogram. Untuk beras seperti beras kualitas Premium Bulog jual Rp 9,500 perkilogram dan Beras khusus kaya vitamin jenis Beras Fortivit itu Rp 16,000 perKg. 

Pihak Bulog Kabupaten Sidrap terus menjawab kebutuhan masyarakat terutama sembako murah. 

Selama pelaksanaan pasar Expo UMKM Kadin Sidrap 2022 berlangsung mulai 26 Januari hingga 22 Februari mendatang, Bulog menyediakan sembako seperti Minyak Goreng 2,500 liter, Beras Premium sebanyak 5 Ton, Beras Fortivit 1 Ton dan Terigu 509 Kg serta Gula Pasir 500 Kilogram. 

Kepala Sub Divisi Bulog Sidrap H. Muh Anwar, Selasa malam (1/2/2022) mengatakan pihaknya akan terus menambah stok jika alokasi yang tersedia tidak tercukupi selama pelaksanaan pameran UMKM ini berlangsung. 

Menurutnya, baru 4 hari Bulog membuka pasaran, sedikitnya sudah ratusan kilogram paket kebutuhan seperti beras, gula pasir dan minyak goreng terjual habis. 

Ini menandakan, tingginya minat kebutuhan ditambah harga-harga pasaran melangit, Bulog hadir menjawab kebutuhan masyarakat di tengah suasana Pandemi dan belum normalnya ekonomi Bangsa. 

“Insya Allah, kebutuhan paket sembako selama pasar Expo berlangsung persediaan terus ada dan aman. Silahkan masyarakat datang ke stand kami di sebelah timur pintu Masjid Agung Pangkajene,” ucap Anwar.

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018