Tuesday, 28 June 2022


Harapan Besar, Bapanas Dapat Sejahterkan Petani

23 Feb 2022, 11:53 WIBEditor : Herman

Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia Budisatrio Djiwandono bersama para petani | Sumber Foto:suroyo

TABLOIDSINARTANI.COM Serang, --- Presiden Joko Widodo resmi melantik Direktur Utama PT. Rajawali Nusantara Indonesia dan juga ID Food, Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas). Banyak pekerjaan rumah menunggu Kepala Bapanas yang baru untuk membenahi sektor pangan di tanah air.  

Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia Budisatrio Djiwandono menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas).

"Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Bapak Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional dan kami berharap Bapanas dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak di bidang pangan” ujar Budi kepada Tabloid Sinar Tani, Selasa (22/2) 

Budi menambahkan “Pak Arief harus dapat menyusun tim yang baik dan ideal karena Bapanas adalah lembaga yang menjadi harapan banyak pihak untuk dapat menyelesaikan persoalan pangan, Tim harus terdiri dari profesional yang memiliki pengalaman dan sebaiknya juga ada wakil dari Petani” saran Budi 

Persoalan pertama yang harus diselesaikan segera adalah persoalan data pangan yang sering berbeda antara satu lembaga dengan lembaga yang lainya selain itu Budi juga mengingatkan bahwa kurang dari 2 bulan akan memasuki bulan Ramadhan. 

 “Sebentarlagi kita akan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri oleh sebab itu Bapanas harus bekerja ekstra untuk mengantisipasi pergerakan harga pangan yang cenderung naik menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, perlu kecermatan dalam mengambil langkah untuk stabilitas harga pangan.” ungkapnya 

 

Besar harapan Bapanas dapat menjamin ketersediaan pangan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat dan juga menguntungkan bagi petani.

“Selain ketersediaan pangan yang harganya terjangkau, kesejahteraan petani juga harus menjadi perhatian karena walaupun NTP Total Januari 2022 naik sampai 108,67 namun NTP Tanaman Pangan dan Peternakan mendekati batas impas 100 dan NTP Hortikultura dibawah 100 oleh sebab itu Bapanas harus dapat mensejahterkan Petani” tutup Budi

Reporter : Suroyo
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018