Tuesday, 17 May 2022


Perbaikan Kualitas Penggilingan dengan Rakit Bed Dryer dan RMU Sendiri

11 May 2022, 17:04 WIBEditor : Gesha

Proses pengemasan beras | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Sragen --- Pelaku usaha penggilingan padi pun memiliki kreativitasnya sendiri dalam mewujudkan peningkatan kualitas beras. Salah satunya dengan merakit bed dryer dan rice milling unit (RMU) sendiri. 

"Kami berdiri sejak tahun 2015 dengan menggunakan lantai jemur sebagai pengering manual dengan kapasitas 10 ton dalam waktu 3 hari, " cerita pemilik UD Sari Agung, Edy Narwanto dalam dalam Bimbingan Teknis dan Sosialisasi (BTS) Propaktani "Revitalisasi Penggilingan Padi untuk Meningkatkan Kualitas Produksi" yang digelar Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian bersama TABLOID SINAR TANI, Rabu (11/05). 

Edy menambahkan, UD Sari Agung memproduksi gabah kering giling menjadi bahan setengah jadi. Usaha penggilingan yang terletak di Desa Plosokerep Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen ini pun bermitra dengan Poktan Sri Makmur yang telah mendapatkan bantuan bantuan berupa vertical dryer kapasitas 10 ton di tahun 2018.

 

"Dengan melihat kinerja yang ada di vertical dryer bantuan pemerintah yang menghemat biaya dan menghemat waktu maka kami berinisiatif untuk menambah unit pengering berupa bed dryer dengan kapasitas 10ton, " tuturnya. 

Bed dryer impian UD Sari Agung inipun dirakit sendiri dengan menyesuaikan tempat produksi. Namun, Edy mengaku sempat mengalami kendala dalam hal pembiayaan. Karena itu dirinya mengajukan pembiayan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Dengan terpasangnya bed dryer sangat membantu kami dalam proses pengeringan, " tambahnya. 

Bagaimana tidak, dengan adanya vertical dryer kapasitas 10ton dan bed dryer 10 ton, mereka bisa menghasilkan sampai 30 ton. Karena waktu operasional sekali proses pada vertical dryer hanya 12 jam, sehingga dalam satu hari bisa 2 kali proses total kapasitas menjadi 30 ton.  

Sebelumnya, Edi juga memiliki mesin RMU (penggilingan beras) yang bergerak dengan kapasitas dryer sebelumnya. "Dengan peningkatan kapasitas dryer, maka mesin RMU kami yang lama tidak bisa maksimal dalam proses produksi sehingga diperlukan penggantian unit baru dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 4ton/jam, " jelasnya. 

Karena itu, UD Sari Agung juga tengah merakit mesin RMU sendiri, agar menambah kapasitas penggilingan berasnya. Mesin RMU sendiri merupakan satu rangkaian unit penggiling yang terdiri dari unit pengupas, penyosoh, dan pemisah sekam.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018