Monday, 23 May 2022


Prosedur Dipermudah, Registrasi PSAT Di Jawa Tengah Makin Bergairah

13 May 2022, 14:06 WIBEditor : Herman

Ir. Diana Dina Rachmawati, MP (Depan Ke 3 Dari Kiri) Bersama Staf Balai Peningkatan Mutu dan Kemanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, | Sumber Foto:Djoko w

TABLOIDSINARTANI.COM, Ungaran --- Ratusan pelaku usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di Jawa Tengah telah menerima nomor registrasi PSAT. Hal ini memicu semangat dan gairah pelaku usaha PSAT yang lain untuk mendaftarkan produknya.

Pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Meningkatnya taraf hidup masyarakat, mengakibatkan meningkat pula tuntutan akan adanya pangan yang terjamin mutu dan aman dikonsumsi, atau biasa disebut pangan beragam, bermutu, seimbang dan aman (B2SA).

Pentingnya pangan sebagai kebutuhan primer manusia, membuat pemerintah memandang perlu meregulasi, mengatur pola pengadaan, distribusi pangan, agar konsumen benar-benar mendapat pangan yang bermutu dan aman. Disisi lain para pelaku usaha akan mendapat jaminan serta branding produk yang dihasilkan.

Ditemui di ruang kerjanya di komplek Pertanian Taru Budaya Jl. Gatot Subroto Ungaran, Kepala Balai Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Ir. Diana Dina Rachmawati, MP, mengatakan dalam upaya menyediakan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang bermutu, aman, sehat, dan layak konsumsi, Pemerintah melakukan regulasi berdasar UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Ditindak lanjuti dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dijabarkan dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Standar Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pertanian,” tambahnya

Selanjutnya dijelaskan Diana, bahwa tatakerja perijinan diatur adalah Pendaftaran PSAT Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PD-UK), produksi dalam negeri oleh petani, poktan, gapoktan atau pelaku usaha mikro dan kecil pelaksanaanya dilakukan oleh Dinas Kabupaten/Kota selaku Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Kabupaten/Kota.

Pendaftaran PSAT Produksi Dalam Negeri (PD), produksi dalam negeri oleh pelaku usaha PSAT menengah dan besar yang pelaksanaanya dilakukan oleh Dinas Provinsi selaku OKKP Daerah Provinsi.

Sedangkan untuk pendaftaran PSAT Produksi Luar Negeri (PL),  PSAT yang diproduksi di luar negeri dan diedarkan di wilayah Republik Indonesia dalam kemasan asli yang dilakukan oleh perseorangan, badan usaha atau badan hukum sebagai importir dan/atau distributor utama yang pelaksanaanya dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan selaku OKKP Pusat atau OKKP Daerah yang ditunjuk.

Sesuai semangat Kemudahan Berusaha dalam undang-undang Cipta Kerja, syarat pendaftaran PSAT lebih disederhanakan dan ada target waktu yang jelas dalam proses pelaksanaan. Sehingga para pelaku usaha  PSAT merasa dipermudah dan diperingan untuk memperoleh sertifikasi dan regristrasi produk.

Pada kwartal pertama tahun 2022  (Januari-April) sudah ada 35 sertifikat dan registrasi yang diterbitkan OKKPD Provinsi Jawa Tengah untuk PSAT Produksi Dalam Negeri.

Sedangkan OKKPD Kabupaten/Kota sudah menerbitkan ratusan registrasi untuk PSAT Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PD-UK), bagi petani, kelompok tani, gapoktan atau pelaku usaha mikro dan kecil.

“Kkomoditas PSAT yang didaftarkan masih didominasi produk beras. Baik kelas medium, premium maupun kelas khusus berupa beras merah, beras hitam dan beras organic,” pungkas Diana.

Dalam rangka pembinaan dan sosialisasi terhadap para pelaku usaha di Jawa Tengah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Ir. Dyah Lukisari, M.Si, tidak segan-segan blusukan di sentra produksi PSAT, baik usaha mikro, kelompok tani maupun yang menengah dan besar. 

Seperti yang dilakukan baru-baru ini dengan melakukan kunjungan kerja di PT. Citra Abadi Bermartabat (CAB) Kabupaten Karanganyar sebagai salah satu pelaku usaha yang telah mendapatkan sertifikat SPPB PSAT Level 1.

Reporter : Djoko W
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018