Friday, 01 July 2022


Pemprov Sulsel Galakkan Program Mandiri Benih

14 Jun 2022, 10:11 WIBEditor : Herman

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meninjau lahan persawahan yang menggunakan mandiri benih

TABLOIDSINARTANI.COM, Bulukumba --- Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meninjau lahan persawahan yang menggunakan ‘Mandiri Benih’ di Dusun Polewali, Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba. Senin 13 Juni 2022. 

“Kami meninjau langsung sawah masyarakat yang telah menanam menggunakan benih dari ‘Mandiri Benih. Alhamdulillah, sudah mulai terlihat tumbuh,” ungkap Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf didampingi Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf. 

Untuk di Bulukumba, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHBun) Sulsel telah menyalurkan bantuan benih ‘Mandiri Benih’ untuk musim tanam 1 (April-September) sebanyak 67.825 kg atau 67,825 ton untuk ditanam di lahan pertanian seluas 2.713 hektar sawah. Pemprov Sulsel pun juga bakal menyalurkan kembali untuk musim tanam ke-2 nantinya. 

“Kita berharap dengan benih gratis yang dibagikan ini dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat, yang akan berdampak pada upaya pemulihan perekonomian,” jelasnya. 

Diketahui, Mandiri Benih merupakan program Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul. Selain itu, benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel sendiri oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar. 

Adanya program ‘Mandiri Benih’ ini juga sebagai upaya Pemprov Sulsel untuk mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan Nasional. 

Sementara itu, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menyampaikan terima kasih atas respon cepat dari Bapak Gubernur, yang hanya 2×24 sudah menindaklanjuti aduan yang ia sampaikan terkait benih padi gagal sebanyak 3000 ton di wilayah Kecamatan Ujungloe. 

“Terima kasih telah meninjau dan mendengarkan langsung permasalahan bibit padi serta mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan petani di Bulukumba,” kata Andi Utta sapaan akrabnya.  

Pada kesempatan tersebut, Andi Utta juga berharap perhatian pemerintah provinsi atas adanya kerusakan salah satu bendung di wilayah Kabupaten Bulukumba yang merupakan kewenangan provinsi.

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018