Wednesday, 17 August 2022


Provinsi Aceh Dongkrak Pangan Organik Bersertifikat

27 Jun 2022, 09:37 WIBEditor : Gesha

Kepala Otoritas Kompetensi dan Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Dinas Pangan Aceh, Gunawan, S.Pi., MM | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh --- Hingga kini kebutuhan masyarakat akan pangan sehat pun semakin meningkat. Karenanya, Otoritas Kompetensi dan Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Dinas Pangan Aceh terus mendorong hadirnya pangan organik bagi masyarakat. 

Bagi masyarakat Aceh momen Idul Adha 1443 H dimanfaatkan masyarakat untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga. Tak dipungkiri, kebutuhan masyarakat akan pangan sehat pun semakin meningkat. Pasalnya, seiring tingginya permintaan, harga kebutuhan pokok masyarakat juga ikut naik bahkan meningkat drastis.

Hal tersebut disampaikan Kepala Otoritas Kompetensi dan Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Dinas Pangan Aceh, Gunawan, S.Pi., MM kepada tabloidsinartani.com di Gampong Peuniti Banda Aceh. 

Dalam mengatasi persoalan tersebut Gunawan mengajak petani dan pelaku usaha  untuk memanfaatkan lahan dengan berbagai komoditi pertanian sesuai daya dukung lahan. 

Menurutnya, dengan tersedianya pangan segar asal tumbuhan dan bersertifikat organik  selain dapat membantu suplai pangan sehat juga bisa meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat. 

Pihaknya, selama ini terus gencar mendongkrak pangan segar asal tumbuhan organik untuk disertifikasi. "Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa bangkit dalam pemenuhan gizi sehat dan aman dikonsumsi," ujarnya.

Dinas Pangan Aceh selalu komitmen untuk mensosialisasikannya secara intensif kepada masyarakat. "Melalui pangan organik bersertifikat harapannya mampu mendongkrak keterpurukan ekonomi menjadi tumbuh," bebernya.

Sementara Adri warga Peuniti, Banda Aceh salah seorang pelanggan tetap menyebutkan alasan membeli sayuran di warung Pak Hasan karena segar dan harganya terjangkau.

Sebelumnya kata perawat ini, membeli sayuran yang bersih saja, tanpa memperhitungkan adanya pestisida. "Tapi setelah mengetahui langsung beralih ke sayuran organik karena lebih sehat," pungkasnya.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018