Wednesday, 10 August 2022


NFA Siapkan Langkah Luar Biasa Hadapi Krisis Pangan

30 Jun 2022, 17:24 WIBEditor : Gesha

Jajaran NFA | Sumber Foto:SINAR TANI

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) tengah mempersiapkan langkah extraordinary (luar biasa) untuk Indonesia menghadapi krisis pangan global. 

"Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, hari ini situasi (pangan) sudah luar biasa dan kita semua diminta untuk bekerja cerdas, bukan hanya bekerja keras," sebut Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi saat melantik jajarannya di Kantor Pusat NFA, Jakarta. 

Arief melanjutkan, krisis pangan Global yang terjadi saat ini harus diambil kesempatannya oleh Pangan Indonesia melalui perbaikan-perbaikan di seluruh lini. "Pada saat harga pangan tinggi, maka kesempatan kita (Indonesia) untuk berproduksi dan ketersediaan serta stabilisasi pangan di dalam negeri, " tuturnya. 

Seiring perjalanan waktu semenjak dibentuk, NFA terus bekerjasama lintas kementerian, BUMN Pangan, dan lainnya. "Misalnya dengan Kementerian Perhubungan, kita bekerjasama untuk mengirimkan pangan dari area surplus untuk area defisit pangan melalui Tol Laut diantaranya pengiriman minyak goreng, gula, mobilisasi stok sapi hidup dari daerah hijau untuk Jabodetabek, " jelasnya. 

Mengenai pengentasan stunting dengan kaitannya kerawanan pangan, pihaknya juga akan terlibat dalam kegiatan Posyandu dengan Kementerian Kesehatan. 

Karena itu, Arief berharap jajarannya bisa bekerja dan berkontribusi kepada kemajuan pangan nasional. Terutama kerjasama dengan asosiasi-asosiasi dan stakeholders pangan. "Sebab Badan Pangan Nasional tidak akan bisa bekerja dengan baik, apabila tidak bisa berkolaborasi dengan seluruh pihak. Termasuk pemerintah daerah, Dinas Kabupaten/Kota yang berurusan dengan pangan," tuturnya. 

Arief mengaku dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas seluruh Indonesia untuk saling bergandengan tangan dalam menyelesaikan permasalahan pangan Nasional dan Global yang diamanatkan oleh Presiden RI. 

Reporter : Echa/Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018