Jumat, 14 Juni 2024


Putus Rantai WBC-Virus Padi : Terapkan PHT dengan Benar!

15 Jul 2022, 09:16 WIBEditor : Gesha

Penerapan PHT menjadi penting dalam pengendalian WBC sebagai vektor Virus Padi | Sumber Foto:Ditlin Tanaman Pangan

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Dosen Bidang Proteksi Tanaman IPB, Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc yang juga merupakan Ketua Tani Center IPB mengatakan satu-satunya jalan untuk memutus lingkaran virus dan vektornya yakni WBC adalah dengan mengembalikan konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dengan benar.

“Ditinggalkannya konsep PHT, mempunyai andil dalam ledakan hama wereng dan virus kerdil tersebut. Setiap tahun serangan wereng, dan virus masih menjadi ancaman nyata bagi petani,”tegasnya.

Hermanu menegaskan, pengendalian dengan sistem PHT dapat dilakukan melalui langkah preventif dan kuratif. Langkah preventif dapat dilakukan dengan cara rotasi tanaman, konservasi musuh alami, dan pengendalian mekanik/ perangkap/ kultur teknis. Apabila populasi WBC masih tinggi maka perlu dilakukan langkah kuratif, yaitu pelepasan musuh alami, menggunakan pestisida hayati dan pestisida kimia sintesis.

Dirinya menuturkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan petani untuk pencegahan virus dan pengendalian WBC adalah dengan mengupayakan tanam serempak, olah tanah dengan baik, menggunakan varietas tahan wereng (Inpari 18, Inpari 13, Inpari 33), membuat persemaian setelah kondisi lahan besih dari sumber hama,  memasang lampu perangkap disekitar lahan, rekayasa lingkungan dengan menanam tanaman penghasil bunga dengan tujuan menyediakan sumber makanan bagi musuh alami, aplikasi cendawan entomopatogen (Metharizium anosiplae) dan menggunakan insektisida tepat jenis dan tepat dosis.

“Penggunaan varietas tahan yang tidak sesuai dengan lokasi atau tanah belum tentu bisa meminimalkan terjadinya ledakan hama wereng coklat. Upaya pengendalian yang potensial dilakukan adalah dengan memperhatikan pola tanam dan menyediakan sumber makanan bagi predator dan musuh alami wereng,” pesannya

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018