Wednesday, 17 August 2022


Wujudkan Ketahanan Pangan, Pangdam XIV/Hasanuddin Tanam Jagung di Kabupaten Soppeng

03 Aug 2022, 16:29 WIBEditor : Herman

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, Lakukan Penanamam Jagung di Kabupaten Soppeng

TABLOIDSINARTANI.COM, Soppeng --- Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH kunjungi ke Kabupaten Soppeng dan melakukan program penananam jagung guna mewujudkan ketahanan pangan nasional. 

Kegiatan yang dilakukan di Medde, Desa Patampanua, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng ini selain dihadiri Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE juga dihadiri aparat Pemda, tokoh masyarakat, Danrem 141 Toddopuli, tokoh pemuda dan agama hingga kelompok tani se Kab.Soppeng.  

Dalam sambutannya Bupati Soppeng menyampaikan penghormatan terhadap kunjungan  pangdam XIV /Hasanuddin. Juga menyampaikan laporkan bahwa kabupaten Soppeng adalah salah satu daerah penyangga pangan di Sulawesi Selatan dan kegiatan ini merupakan program nasional tentang bagaimana menjaga pangan saat ini. 

“Kami mengambil inisiatif untuk menghadirkan perwakilan dari semua desa dan kelurahan yang ada di Kab. Soppeng, dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan program bapak terkait apa yang akan kita lakukan hari ini,” ujarnya.

 

Kaswadi melaporkan rata-rata produksi jagung yang ada di kabupaten Soppeng tahun 2017-2021 mengalami peningkatan dari tahun 2016 yang berada pada angka 93.131 ton pipilan kering menjadi 140.291 Ton pipilan kering. 

Komoditas jagung menjadi komoditas primadona di Kabupaten Soppeng karena sangat menjanjikan dan tidak mengalami pasang surut di masalah harga. 

“Semoga program ini dapat mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat serta memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan bangsa dan negara. Dan insya Allah apapun program yang akan dilaksanakan oleh Dandim, kami akan senantiasa mengawal dan menjaga silaturahim ini untuk mewujudkan harapan kita bersama,” ujarnya.  

Tak hanya meningkatkan produksi jagung, saat ini Kabupaten Soppeng bercita-cita untuk mengembalikan kejayaan sutra yang ada di kab. Soppeng. Sehingga memiliki dua pilihan yang produktif dan menguntungkan. 

“Jagung atau sutera, maka itu yang akan dikerjakan oleh para petani. Dan semua akan terwujud dengan kebersamaan yang tinggi dan dengan menggelorakan semangat Yassisoppengi,” jelasnya. .

 

Pada kesempatan yang sama, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH menyampaikan bahwa kegiatan menanam jagung merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi pertanian dan ketahanan pangan, dalam rangka pemulihan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat petani.  

“Apalagi dalam kondisi dunia saat ini, yang secara umum terjadi kelangkaan pangan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur karena kita berada di Indonesia, negara yang berdaulat dan makmur karena berada di garis khatulistiwa yang hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim huja,” tambah Pangdam.. 

Andi mengaku kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TNI dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan produksi pertanian dan pangan khususnya jagung.  

“Dan sekarang di semua wilayah Dandim agar terlibat langsung untuk meningkatkan ketahanan pangan dan produksi pertanian khususnya palawija. Dan kehadiran kami ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI Angkatan Darat terhadap pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah<’ ujarnya.  

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan bibit jagung secara simbolis kepada para perwakilan kelompok tani oleh Pangdam XIV Hasanuddin yang didampingi Bupati Soppeng, Wakil Bupati Soppeng, danrem 141 Toddopuli.   

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman jagung secara serentak oleh Pangdam XIV Hasanuddin, Danrem 141 Toddopuli, Bupati Soppeng, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua persit kartika chandra kirana XIV /Hasanuddin,

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018