Rabu, 28 September 2022


Petani Kecamatan Tanara Panen Padi Beras Merah Organik

16 Sep 2022, 11:11 WIBEditor : Herman

Petani kecamatan tanara Panen Padi Khusus Beras Merah | Sumber Foto:Suroyo

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang --- Kecamatan Tanara Kabupaten Serang saat ini sedang memasuki musim panen tanaman padi. Salah satunya adalah panen padi khusus beras merah ramah lingkungan, yang merupakan program dukungan dari Dinas Pertanian Provinsi Banten bagi petani yang serius dalam bertani organik.

Program ini didasari atas kesadaran akan pertanian yang lebih sehat dengan memasukan input yang ramah lingkungan, menggantikan atau mengurangi input kimiawi, baik dari pupuk maupun pestisida.

Panen padi berlangsung di areal lahan Kelompok tani Subur Tani dengan luas 2 ha. Dan dari hasil ubinan yang dilakukan, produktivitas padi mencapai 7,9 Ton per hektar,

Diungkapkan, Taufiq yang mewakili bidang tanaman pangan Dinas Pertanian Provinsi Banten. Hasil panen cukup menggembirakan, dengan produktivitas 7,9 ton per hektar, naik dari catatan musim sebelumnya yang mencapai 7,6 ton per hektar.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi petani dan Penyuluh bahwa pertanian organik/ramah lingkungan bisa menghasilkan produktivitas yang tinggi" Ucapnya.

Hasil ini juga merupakan dampak dari penggunaan pupuk organik yang cukup tinggi mencapai 5,1 Ton per ha, ditambahn pupuk organik cair, dan agen hayati,

"Produktivitas ini selain kerja petani, Pengamat OPT, penyuluh juga dampak dari penggunaan pupuk organik yang bisa memenuhi kebutuhan hara tanaman, seperti pupuk organik granul yang mencapai 5,1 Ton/ha, Pupuk organik cair, agencia hayati dan penggunaan pestisida nabati" Ujar penyuluh pendamping, Jazil. 

Kegiatan panen diharapkan bisa menambah minat petani dalam menerapkan pertanian ramah lingkungan, dan tentunya menaikkan kesejahteraan petani.

Reporter : Suroyo
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018