Jumat, 23 Februari 2024


Tingkatkan Kapasitas Petani, Kementan Gelar SL Kedelai di Cianjur

18 Mar 2023, 14:03 WIBEditor : Herman

Kegiatan SL Kedelai di Cianjur | Sumber Foto:Humas Ditjen Tanaman Pangan

TABLOIDSINARTANI,COM, Cianjur --- Kementerian Pertanian melalui Direktorat AKABI, Ditjen TP bersama  Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melaksanakan program Sekolah Lapang Korporasi Kedelai dalam penerapan pertanian presisi.

Direktur Aneka Kacang dan Umbi (AKABI, Yuris Tiyanto menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan meningkatkan keterampilan petani kedelai dalam pengelolaan usaha agribisnis, dengan fokus pada praktik terbaik budidaya kedelai serta pemeliharan tanaman sesuai dengan Good Agricultural Practices (GAP) untuk peningkatan produktivitas.

Kegiatan yang diselenggarakan di Keltan Lembur sawah, Desa Kertajaya, Kec. Tanggeng, Kab Cianjur ini diikuti sekitar 40 petani kedelai dari Keltan Lembur Sawah.

Materi pembelajaran yang disampaikan yaitu aplikasi Jarak Tanam Ideal dan Mekanisasi Penanaman dan Budidaya Kedelai yg Ideal untuk Perbenihan.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi mengapresisasi kegiatan tersebut.

Suwandi berharap pengembangan kedelai dapat dimasifkan ke semua daerah di Indonesia sehingga kebutuhan kedelai dapat terpenuhi dari produksi dalam negeri. Tentunya hal tersebut perlu dukungan dari semua pihak baik daerah maupun pusat terutama petani sendiri.

“Sebagaimana arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di tengah Krisis Pangan Dunia beberapa negara sudah menyetop eskpor pangannya termasuk komoditi kedelai,” ujarnya.

Suwandi menambahkan untuk mengatasinya tidak ada cara lain selain harus mengembangkan komoditi kedelai dalam negeri sehingga kebutuhan kedelai dalam negeri bisa dipenuhi sendiri.

“Dan ini merupakan peluang bagi petani karena kedelai sekarang memiliki nilai jual yang bagus, jadi petani tak perlu lagi ragu untuk menanam kedelai”, Ujar Suwandi.

Menurut salah satu anggota Kelompok Tani, Kegiatan Sekolah Lapang Korporasi Kedelai sangat membantu petani kedelai meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam pengelolaan Kedelai dari mulai hulu sampai hilir. Dari mulai budidaya yang benar sampai nanti tentang usaha agribisnis.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kedelai yang dihasilkan oleh petani setempat

Kegiatan Sekolah Lapang Korporasi Kedelai diharapkan dapat menjadi contoh bagi program serupa di sektor agribisnis lainnya. Hasil panen menjadi benih bersertifikat dengan kualitas yg bagus, serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani kedelai di Indonesia dan meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Reporter : Humas Ditjen Tanaman Pangan
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018