Sabtu, 25 Mei 2024


Meriahkan Sosialisasi B2SA, 350 Anak TK dan SD Ikuti Lomba Mewarnai

17 Nov 2023, 13:04 WIBEditor : Gesha

Lomba mewarnai Sehat bersama B2SA diikuti 350 orang anak TK dan SD | Sumber Foto:TABLOID SINAR TANI

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Sosialisasi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) di Jakarta Selatan kini semakin menyentuh usia dini. Terlihat dari meriahnya kegiatan lomba mewarnai bertema Sehat Bersama B2SA yang diikuti 350 orang anak TK dan Sekolah Dasar (SD), hasil kolaborasi  Badan Pangan Nasional/National Food Agency (Bapanas/NFA) bersama Tabloid Sinar Tani, Kamis (16/11).

Suara riuh dan bergemuruh terdengar jelas di lapangan olahraga indoor GOR Balai Rakyat Pasar Minggu ketika Kepala Bapanas/NFA, Arief Prasetyo Adi hadir di tengah-tengah 350 orang anak-anak TK dan SD yang selesai mengikuti lomba mewarnai dalam kegiatan Sosialisasi B2SA. Memperkenalkan diri sebagai Kepala Bapanas/NFA, Arief Prasetyo Adi lantas bercanda dengan anak-anak dengan memberikan tebak-tebakan berhadiah alat tulis. 

Tingkah lucu dan menggemaskan dari peserta Sosialisasi B2SA ini tentunya mengundang gelak tawa Arief Prasetyo Adi dan beberapa tamu undangan lainnya seperti Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Rinna Syawal, Pimpinan Umum Tabloid Sinar Tani Mulyono Machmur hingga Camat Pasar Minggu. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi B2SA yang dikemas lebih menarik seperti lomba mewarnai ini. Sosialisasi ini penting diarahkan kepada masyarakat usia dini seperti anak TK dan SD sehingga mereka bisa lebih mengerti pentingnya makanan beragam, bergizi seimbang dan aman dikonsumsi. Selain nasi ada sumber karbohidrat lain, ada aneka sayur, buah dan protein yang juga diketahui anak-anak ini," sebut Kepala Bapanas/NFA, Arief Prasetyo Adi.

Arief juga mengatakan NFA pada tahun ini mencatat prestasi gemilang dengan skor Pola Pangan Harapan (PPH) mencapai 94,1, mengungguli pencapaian tahun sebelumnya yang hanya mencapai 92,9.

Dengan upaya intensif dalam sosialisasi dan edukasi B2SA, harapannya adalah melihat peningkatan skor PPH yang signifikan. Selanjutnya, pencapaian skor PPH tahun lalu dianalisis melalui beberapa aspek penting seperti sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Hasil pengukuran skor PPH mengungkapkan bahwa konsumsi padi-padian pada tahun 2022 mencapai 304,6 gram/kap/hari, melebihi target ideal sebesar 289 gram/kap/hari. Namun, konsumsi protein hewani masih di bawah target dengan 126 gram/kap/hari, dibandingkan dengan target yang ditetapkan sebesar 157 gram/kap/hari.

Hal yang sama terjadi pada konsumsi sayur dan buah, yang mencapai 237,5 gram/kapita/hari, masih di bawah target yang ditetapkan sebesar 262 gram/kapita/hari pada tahun 2022.

Sejalan dengan Arief Prasetyo, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Rinna Syawal mengapresiasi Sosialisasi bertajuk Sehat Bersama B2SA yang dikemas dalam bentuk Lomba Mewarnai tingkat TK dan SD. "Sesuai tujuannya, lomba ini merupakan bagian edukasi pada anak usia dini yang mestinya dalam keseharian mereka terbiasa mengonsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA)," tuturnya.

Rinna menjelaskan, sudah saatnya masyarakat masa kini mengubah kebiasaan dari makan kenyang menjadi makan sehat dengan pola B2SA. "Anak usia dini akan lebih mudah memahami dan jika sudah dipahami, itu akan menjadi kebiasaan dalam menjalani kehidupannya hingga usia dewasa. Sehingga kegiatan ini sangat strategis untuk dapat dipromosikan sekaligus mengedukasi anak usia dini tentang pesan B2SA," sebut Rinna.

Lomba mewarnai Sehat bersama B2SA dimulai dengan penampilan keren dari marching band RA Daarul Hassanah Pancoran. Peserta lomba terdiri dari 15 Sekolah Dasar dan 20 TK, mayoritas dari Jakarta Selatan. Anak-anak dengan semangat penuh mewarnai gambar menggunakan crayon, dinilai oleh dewan juri dari Sanggar Ammar Art dan panitia.

Setelah 2 jam, karya seni dari anak-anak TK dan SD dinilai dengan cermat, dan para pemenang diumumkan berdasarkan kriteria artistik yang telah ditetapkan.

Berikut ini nama pemenang Lomba Mewarnai Sehat bersama B2SA :

Kategori TK

Juara 1 : Filo Aisyah Raharjo (TK Islam Baitusalam Pasar Minggu)

Juara 2 : Syafiq Salim (TK Aisyiyah 84)

Juara 3 : Chila (TK Tunas)

Juara Harapan 1 : Afifah (TK Islam Nuryakin)

Juara Harapan 2 : Zabdan (RA Daarul Hasanah)

Kategori SD

Juara 1 : Fatthiyya Alesha H (SDN Ragunan 08)

Juara 2 : Aqila Misha Shafana (MI Al Ma'Had Al Islamy)

Juara 3 : Ariandara KHaira Rafanda (SDN Tanjung Barat 01)

Juara Harapan 1 : Ahza Adhyasta Apandi (SDN Ciracas 01)

Juara Harapan 2 : Nadine Keysharlene Titandio (SD Serada Wiayatasana)

Reporter : Nattasya
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018