Senin, 22 April 2024


Intervensi Harga Beras, Bulog Luncurkan Program BULOG SIAGA

21 Peb 2024, 11:06 WIBEditor : Yulianto

Bulog luncurkan Program Bulog SIAGA | Sumber Foto:Bulog

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Menyikapi situasi harga beras yang saat ini mengalami peningkatan, Perum BULOG menggelontorkan program pangan murah melalui BULOG SIAGA (akSI Amankan harGA) yang dilaksanakan di Wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. 

“Kegiatan ini merupakan respon konkrit BULOG terhadap keresahan masyarakat yang secara umum terdampak dengan adanya fenomena kenaikan harga beras yang terjadi beberapa waktu belakangan ini sehingga masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk memperoleh komoditi pangan murah," kata Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Senin (19/2).

BULOG SIAGA ini akan menjual Beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan), Beras Premium dan komoditas pangan lainnya secara langsung kepada masyarakat sebagai bentuk intervensi langsung penyediaan komoditi kepada konsumen langsung.

"Program ini dilaksanakan guna mendekatkan pasokan beras dan pangan lainnya kepada masyarakat. Adapun lokasi pelaksanaan program ini diutamakan di pemukiman padat penduduk yang langsung menyasar konsumen akhir seperti rumah susun (rusun), kantor kelurahan, kantor kecamatan, kawasan industri dan lainnya" tambah Bayu.

Lebih lanjut lagi, dirinya menekankan, bahwa disamping melaksanakan penugasan pemerintah seperti penyaluran Bantuan Pangan serta melaksanakan program SPHP yang tengah gencar digelontorkan ke masyarakat melalui berbagai macam saluran distribusi, BULOG juga merasa perlu melakukan intervensi langsung untuk penyediaan beras ke masyarakat melalui kegiatan BULOG SIAGA ini.

Untuk meredam gejolak harga beras, Bayu mengatakan, disamping melaksanakan Bantuan Pangan beras ke 22 juta KPM, BULOG juga tengah gencar menggelontorkan beras SPHP ke seluruh saluran distribusi yang ada. BULOG SIAGA ini merupakan bentuk intervensi lainnya yang dilakukan Bulog untuk mengurangi kontraksi harga yang ada, sehingga secepat mungkin diharapkan dapat menurunkan tensi harga beras di pasaran.

"Salah satu hal yang paling penting dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah terkait ketersediaan pasokan komoditi beras dan pangan lainnya dengan kuantitas yang cukup melimpah," tegasnya.

Menurutnya, diperlukan kehadiran BULOG ditengah-tengah masyarakat sebagai perpanjangtanganan pemerintah untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat dengan menyediakan komoditi pangan yang mencukupi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat sehingga upaya menormalisasi harga beras saat ini dapat diwujudkan.

Sementara itu Saniwen (50 tahun) warga Rusun Daan Mogot merasa sangat senang dengan program yang dilaksanakan BULOG hari ini di wilayah rusun. "Lumayan Bulog nyamperin kesini, jadi saya ga perlu jauh-jauh buat beli beras. Saya tadi beli beras SPHP soalnya kualitasnya bagus, rasanya enak, pulen, dan lebih murah daripada kalau saya beli di pasar," ujarnya.

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018