Sabtu, 25 Mei 2024


Tingkatkan Produksi Pertanian, DPKP Kalsel Gelar Musrenbangtan

21 Apr 2024, 22:15 WIBEditor : Herman

MUSRENBANGTAN 2025 DPKP Kalimatan Selatan Rabu (17/4) | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Banjarbaru --- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Selatan  gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2025. Kegiatan yang dilaksanakan di Banjarbaru, Rabu, (17/4) bertujuan merumuskan perencanaan langkah strategis untuk peningkatan pertanian di Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel, Roy Rizali Anwar menekankan pentingnya sinergi antar pemangku kepentingan untuk mewujudkan pembangunan pertanian di Kalimantan Selatan.

Menurut Roy, diperlukan perumusan langkah - langkah strategis dalam memitigasi dampak  perubahan iklim. Seperti, antisipasi dampak musim kemarau maupun kekeringan ekstrim el nino, hingga menjaga ketersediaan air.

Pada kesempatan tersebut, Roy menegaskan pentingnya optimalisasi pengelolaan lahan rawa dengan melibatkan seluruh stokholder terkait khususnya Kementerian Pertanian. Selain itu, potensi besar yang dimiliki sektor pertanian Kalsel, menjadi akses strategis gerbang ibu kota negara.

Sementara itu, Kepala DPKP Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman mengungkapkan Kalimantan Selatan menjadi salah satu provinsi penyangga pangan di Indonesia.

“Kita menjadi salah satu provinsi penyangga produksi pangan nasional di urutan 12 dari 38 provinsi se-Indonesia. Kita juga menjadi salah satu provinsi yang ditunjuk Kementerian Pertanian RI untuk program - program seperti optimalisasi lahan rawa dan tumpang sisik,” tuturnya.

Karena itu, menurut Roy produksi pangan merupakan urusan wajib saat ini.

“Karena sesuai dengan arahan Menteri dan Gubernur Kalsel, bahwa Kalsel harus tetap menjadi penyuplai pangan nasional, apalagi Ibu Kota Negara berpindah ke Pulau Kalimantan, ” paparnya.

Reporter : Dedi/Bidang Penyuluhan DPKP Kalsel

 

Reporter : Dedi/Bidan Penyuluhan DPKP Kalimantan Selatan
Sumber : DPKP Kalimantan Selatan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018