Jumat, 21 Juni 2024


Babinsa Sragen Bantu Petani Giling Padi

06 Mei 2024, 14:59 WIBEditor : Gesha

Sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan, Serda Ibrahim, Babinsa dari Kelurahan Kwangen Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen, turut membantu petani yang merupakan warga binaan dalam proses penggilingan pa | Sumber Foto: Koramil 15/Gemolong

TABLOIDSINARTANI.COM, Sragen -- Sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan, Serda Ibrahim, Babinsa dari Kelurahan Kwangen Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen, turut membantu petani yang merupakan warga binaan dalam proses penggilingan padi menggunakan mesin penggiling di Dusun Gemulung RT 12, Kelurahan Kwangen, Senin (06/05/2024).

Menurut Serda Ibrahim, pendampingan ini merupakan bagian integral dari tugas seorang Babinsa yang harus dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pemberdayaan wilayah di sektor pertanian, dengan tujuan mempertahankan ketahanan pangan lokal menuju swasembada beras dan ketahanan pangan nasional.

"Pendampingan ini sudah menjadi bagian tugas Babinsa yang harus dilaksanakan sebagai salah satu wujud pemberdayaan wilayah bidang pertanian guna mempertahankan ketahanan pangan daerah menuju swasembada beras dan ketahanan pangan nasional," sebutnya.

Ibrahim menyatakan, memantau hasil produksi pertanian di wilayah binaan merupakan langkah penting dalam memperkuat ketahanan pangan di wilayah teritorial, yang dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah produksi petani di bidang pertanian dan komoditas pangan.

Pendampingan dilakukan mulai dari persiapan lahan, penanaman, perawatan, hingga proses panen, penggilingan, dan penjualan hasilnya.

"Dengan adanya fasilitas penggilingan padi di wilayah, diharapkan para petani akan lebih mudah dalam mengolah hasil panen mereka, sehingga diharapkan mereka tidak lagi menjual gabah mentah, melainkan beras yang sudah siap jual. Hal ini lebih menguntungkan secara ekonomi," tandasnya.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018