Jumat, 14 Juni 2024


Kenalkan “Porsi Isi Piringku”, Dishanpan Jateng Gelar B2SA Goes to School

05 Jun 2024, 10:55 WIBEditor : Herman

Dishanpan Jawa tengah Gelar B2SA Goes to School | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Semarang --- Safari B2SA Goes to School yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah terus belanjut. Kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pengertian kepada anak seputar pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) kali ini digelar di SD IT Al Firdaus, Semarang.

 “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengertian kepada anak-anak, yang merupakan presentasi dari generasi muda, tentang pentingnya mengkonsumsi pangan secara benar” ujar petugas fungsional Analis Pola Konsumsi Pangan Masyarakat dari Dishanpan Jateng, Eny Nawangwulan.

Sehingga kedepan diharapkan Eny,  anak-anak termotivasi untuk sarapan pagi dan membawa bekal makan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). .

Pada kesempatan tersebut Farid Khusnul Mujib dengan lihay menyampaikan dongeng  “Porsi Isi Piringku” kepada 250 anak yang hadir di Aula SD IT Al Firdaus.  Konsep Porsi Isi Piringku yang dijadikan tema, menganjurkan agar setiap piring makanan  terdiri dari makanan pokok, yakni sumber karbohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring.

Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3.

“ Isi Piringku “  merupakan program bagi masyarakat luas dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi. Jargon “Isi Piringku”  adalah penyempurnaan dari jargon “ 4 Sehat 5 Sempurna “ .

Satu hal yang disempurnakan dari slogan 4 sehat 5 sempurna adalah keseimbangan pangan. Sehingga pemerintah sekarang giat mengkampanyekan slogan “ Isi Piringku” agar masyarakat makan tidak hanya asal kenyang dan enak saja. Tetapi juga memenuhi kebutuhan gizi dengan seimbang.

Setelah hampir 2 jam anak-anak mendengar dari Ketua Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia PW Jawa Tengah tersebut dan mengikuti tanya jawab yang di sertai kuis berhadiah seru, acara ditutup dengan makan bersama dengan menu B2SA tentu saja.

Pada kesempatan tersbut Kepala Sekolah SDIT Al Firdaus, Kaid Fitani, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Kaid juga mengucapkan terimakasih atas adanya kegiatan tersebut.

“Dengan dorongan dan pemahaman yang benar tentang konsumsi pangan kami harapka anak-anak akan tumbuh sehat dan cerdas’”unjar.ibu yang telah lama menggeluti profesi sebagai pendidik ini.

Sementara itu Kepala Bidang Konsumsi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Lucia Sri Winarni, SE, MSi  menjelaskan bahwa kegiatan B2SA di SDIT Al Firdaus tersebut merupakan kegiatan ke 10 sekaligus sebagai penutup, setelah Dishanpan Jateng melaksanakan pada 9 sekolah,  sepanjang bulan April dan Mei 2024 ini.

“ Mulai bulan April lalu kami melakukan safari B2SA Goes to School ke sekolah-sekolah. Mulai dari SD, SMP dan SMA. Kami sengaja menggandeng para pendongeng dan motivator professional menjadi mitra, agar   materi dapat diterima dan diserap dengan baik oleh anak-anak sekolah” ungkap Lusi.

Pada periode ini sekolah yang telah dirambah kegiatan B2SA Goes to School adalah : SMAN 1 Semarang, SMAN Pabelan Kabupaten Semarang, SMPN 1 Kota Magelang, SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak, SMKN 3 Pati, SMAN 1 Pemalang.

Ada juga SMAN 1 Batang, SDN Tempelrejo, Kabupaten Sragen, SMKN Purwodadi dan SDIT Al Firdaus Semarang. Kegiatan yang bersumber dari BAPANAS tersebut setiapkali kegiatan, melibatkan 250 siswa dan siswi sebgai penerima manfaat kegiatan.

“ Disamping memberikan penjelasan dan contoh pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) bagi generasi miuda tersebut, kami juga mengkampanyekan slogan “makan sampai habis” sebagai salah satu wujud Gerakan Selamatkan Pangan “ pungkas Lucia Sri Winarni.

 

Reporter : Djoko W
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018