Saturday, 23 October 2021


Optimalisasi Lahan Rawa untuk Budidaya Padi

12 Nov 2013, 14:32 WIBEditor : Kontributor

Mendengar lahan rawa, sebagian besar masyarakat akan membayangkan lahan terlantar yang dipenuhi genangan air dan tumbuhan yang tampak mengerikan. Rawa juga sering diasosiasikan sebagai daerah sumber penyakit, terutama malaria. Karena itu masyarakat  menelantarkan lahan tersebut.

Di Indonesia diperkirakan luas lahan rawa mencapai 33,5 juta hektar (ha), sebagian besar berada di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Hasil survei Litbang Pertanian, sekitar 9.5 juta ha merupakan lahan yang sangat berpotensi dikembangkan menjadi lahan pertanian. Dari luasan tersebut baru 4,18 juta yang termanfaatkan. Jadi sangat disayangkan, jika lahan seluas itu tidak dimanfaatkan. Mengingat lahan sawah di Pulau Jawa yang makin menyusut akibat alih fungsi lahan.

Dari hasil penelitian, ternyata dengan sentuhan teknologi produktivitas tanaman padi di lahan rawa bisa mencapai 2-6 ton/ha. Kalkulasi sederhana, jika 10 persen saja dari luas lahan rawa di Indonesia dimanfaatkan dengan baik, maka aka nada tambahan 1,9 juta ton gabah.

Artinya, lahan rawa menyimpan potensi yang sangat besar bagi ketahanan pangan Indonesia. Apalagi pemerintah menargetkan surplus beras 10 juta ton pada tahun 2014. Perluasan areal tanam padi dengan memanfaatkan lahan rawa menjadi salah satu jawaban yang relevan. Tentunya dibarengi dengan penerapan teknologi tepat guna.

Bagaimanapun juga, lahan rawa bukanlah lahan pertanian pada umumnya. Ada beberapa masalah mendasar yang harus dihadapi dan diatasi. Misalnya, kemasaman tanah, lama genangan air, dan kadar unsur hara yang tergolong sangat rendah, terutama unsur P. Kemasaman tanah akan memicu keracunan bagi tanaman, sehingga akar tanaman tidak berkembang baik.

Pengelolaan lahan rawa dapat dilakukan dengan memperhatikan dua aspek dasar budidaya yakni, penggunaan benih varietas unggul adaptif dan manajemen kesuburan tanah. Penggunaan varietas adaptif lahan rawa akan mendorong keberhasilan budidaya tanaman. Dengan kemampuan adaptif ini, tanaman akan tumbuh dengan normal. Bahkan sangat baik di lahan rawa.

Informasi lebih lengkap baca EDISI CETAK TABLOID SINAR TANI (info berlangganan SMS ke : 081317575066).

Editor : Julianto

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018