Saturday, 23 October 2021


Swakelola Pengadaan Benih Kedelai

06 Dec 2013, 12:50 WIBEditor : Ika Rahayu

Belajar dari pengalaman di masa lalu, mulai tahun 2014 pemerintah memberikan peran yang lebih besar bagi petani untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan penyediaan dan pendistribusian benih kedelai di tingkat lokal. Kegiatan swakelola pengadaan benih kedelai oleh petani ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung pencapaian swasembada kedelai tahun 2014.

Benih merupakan sarana produksi yang penting dalam kegiatan budidaya tanaman kedelai. Kenyataan menunjukkan, terjadinya ketidak lancaran dalam memproduksi dan mendistribusikan benih dapat menimbulkan dampak negatif berupa penurunan hasil produksi kedelai baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Karena itu, penataan kegiatan pengadaan dan distribusi benih kedelai sangat penting dilakukan. Untuk tahun 2014 pemerintah menetapkan akan memberikan peran yang besar kepada petani dan ini artinya peluang bagi petani penangkar daerah untuk menjadi pemasok benih,” kata Hardian, Kasi Intensifikasi Kedelai Direktorat Budidaya Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan, dalam acara Apresiasi Pengurus Kelembagaan Usaha Tani Kedelai, di Cirebon pekan lalu (27/11).

Pengadaan bantuan benih kedelai dengan sistem lama (tender), menurut Hardian, di lapangan ternyata tidak dapat berjalan sesuai harapan. Benih kedelai sering terlambat sampai di tangan petani, sehingga praktis tak bisa mendukung upaya peningkatan produksi kedelai di tanah air.

Pemerintah telah menetapkan target produksi kedelai untuk tahun 2013 sebesar 1,5 juta ton, namun sasaran tersebut diperkirakan sulit bisa dicapai karena menurut angka ramalan (aram) satu tahun 2013 pencapaian produksi baru sekitar 847 ribu ton.

Informasi lebih lengkap baca EDISI CETAK TABLOID SINAR TANI (info berlangganan SMS ke : 081317575066).

Editor : Julianto

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018