Rabu, 20 Maret 2019


Pengendalian Hama Tikus di Martapura Barat

11 Jan 2019, 10:14 WIBEditor : Ahmad Soim

Pengendalian Hama Tikus di Martapura Barat | Sumber Foto:Sri M

Nurdin Penyuluh di Kecamatan ini mengatakan pengendalian hama tikus dilakukan di kelompok hamparan usaha tani gabungan beberapa kelompok tani di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar.

 

 TABLOIDSINARTANI.COM - Pengendalian hama tikus pra tanam dengan menggunakan pengumpan beracun Petrocum dan geropyokan dilakukan petani di Martapura Barat, Kabupaten Banjar.

 

Nurdin Penyuluh di Kecamatan ini mengatakan pengendalian hama tikus dilakukan  di kelompok hamparan usaha tani gabungan beberapa kelompok tani di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar.  Babinsa TNI  Desa Sungai Batang ikut dalam kegiatan ini.

 

Penyuluh Swadaya Desa Sungai Batang, pengurus kelompok tani  dan seluruh penyuluh Martapura Barat, Bersama sama mengendalikan hama tikus.  Juga ikut dalam kegiatan ini adalah Pengamat Hama Penyakit Tanaman (POPT) Martapura Barat, petugas laboratorium sungai Tabuk serta siswa SMK yang sedang magang di kantor laboratorium Sungai Tabuk.

 

Kegiatan selama empat jam, dimulai pukul 8.00 ini berhasil menebar 10 kg racun Petrocum  ditanggul tanggul tempat berkumpulnya hama tikus.

 

Selain dengan racun, pemberantasan tikus juga dilakukan dengan cara  geropyokan. Kegiatan ini berhasil mematikan tikus sebanyak  103 ekor. Pada saat itu kondisi air pada lahan sawah dengan kedalaman antara 75 cm s/d 125 cm.  Kegiatan ini akan tetap berlanjut satu bulan satu kali.

 

 Kegiatan Monitoring Banjar Sapa periode Oktober 2018 – Maret 2019  dilakukan di Astambul. Kepala BPP Astambul, Marhadiansyah menambahkan kegiatan ini dilakukan  di kelompok tani "Mekar Sari"  desa pingaran ulu.   

 

“Dengan banih varietas Mekongga Dan IR 42 (9/1).  Dari kegiatan monitoring pertanaman tumbuh baik  Dan seragam,” tambah Marhadiansyah.

Reporter : Sri Mulyani
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018