Senin, 18 Februari 2019


Musim Tanam Tiba, TNI pun Terjun ke Sawah

11 Peb 2019, 15:40 WIBEditor : Yulianto

Babinsa terjun ke sawah membantu petani | Sumber Foto:Suparman

Kegiatan tanam bersama petani dilakukan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap percepatan tanam

TABLOIDSINARTANI.COM, Klaten---TNI kini bukan hanya menjaga keamanan negara tapi juga berperan menjaga keamanan pangan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah dengan memberikan pendampingan kepada petani dari mulai tanam hingga masa panen, bahkan mengawal dalam pemasaran hasil produksi.

Seperti dilakukan Babinsa Kuncen Koramil 23/Ceper Koptu Suparman yang memberikan pendampingan petani saat tanam padi seluas 2.200 meter persegi. Pendampingan dilakukan di lahan milik Supryono yang berlokasi di Dukuh Ngaran, Desa Kuncen Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Varietas yang ditanam adalah Situbagendit.

Koptu Suparman mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap percepatan tanam yang digalakkan pemerintah. Untuk itu, TNI mendukung secara Langsung di lapangan terhadap usaha pemerintah mewujudkan percepatan tanam padi. "Kami tak ragu-ragu untuk turun langsung dalam membantu petani menanam padi dan berbaur dengan petani," katanya.

Saat melakukan tanam padi, nampak anggota TNI tersebut terlihat piawai membajak sawah,menanam padi, mengontrol pertumbuhan tanaman hingga tahap panen. Dengan keterlibatan Babinsa diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil panen petani. Selain itu menguatkan motivasi petani untuk mengelola lahan pertanian mereka.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk pendampingan TNI terhadap program Upaya Khusus (Upsus) peningkatan produktifitas pangan (padi, jagung dan kedelai). Selain upaya tersebut Babinsa juga menggiatkan program Luas Tambah Tanam (LTT) di wilayah binaannya untuk membuka lahan baru dan mengoptimalkan lahan yang tersedia.

Danramil 23/ Ceper Kapten Inf Dwi Haryono berharap, dengan adanya kegiatan ini akan terus terjalin hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya. Tentunya bukan hanya kegiatan membantu dan mendampingi petani tanam padi, tetapi kegiatan kegiatan sosial lainnya.

Dwi Haryono menerangkan, pendampingan kepada petani adalah untuk mendukung percepatan tanam pada musim tanam kali ini. "Ini sudah merupakan tugas rutin seorang Babinsa, kegiatan tersebut untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Khusunya peningkatan swasembada pangan yang sudah dicanangkan pemerintahan di wilayah Kabupaten Klaten," tuturnya.

 

 

 

Reporter : Suparman
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018