Rabu, 22 Mei 2019


Hutan Sragen Panen 300 Ha Jagung, PPL Diminta Sukseskan Pajale

21 Peb 2019, 14:36 WIBEditor : Ahmad Soim

Dirjen TP Gatot Irianto panen jagung di Sragen | Sumber Foto:PPL Sragen/Lina

Jagung dapat memberikan harapan peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya petani. Di Sisi lain dengan peningkatan prediksi, diharapkan ekspor Jagung kita meningkat.

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Panen Raya Jagung  bersama Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian DR Sumardjo Gatot Irianto  di Kabupaten Sragen - Jawa Tengah. Dirjen TP mengatakan jagung terbukti bisa memberikan harapan peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar hutan.



Lokasi panen di LMDH Sumber Rezeki I RPH Banyu Urip, BKPH Tangen, KPH Surakarta  Dukuh Winong Desa Dawung Kec Jenar Kab Sragen  (18/2).  Hadir dalam panen kali ini Asisten II, Camat Jenar, Kepala Dinas Pertanian Kab Sragen, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. Jawa Tengah, PJ UPSUS, PT Pusri,  PT Petrokimia,  Produsen Benih Nasional Bisi, Kodim Dan Polres Sragen, Petugas Resor Pemangku Hutan Banyu Urip.



"Luas panen sekitar 300 ha yang ditanami Jagung.  Luas keseluruhan lahan Perhutani sekitar 2.100 ha. Seluas  700 ha area kontrak dengan masyarakat dan 1.400 ha non kontrak," kata Joko Pitoyo Ketua LMDH Sumber Rezeki I.  Jagung yang  dipanen vaietas Bisi 18, dengan produktivitas 7,5 ton/ha. Harga Saat ini Rp 4.400/kg pipil kering.


Dirjen Tanaman Pangan Sumardjo Gatot Irianto  mengatakan jagung dapat memberikan harapan peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya petani. Di Sisi lain dengan peningkatan prediksi,  diharapkan ekspor Jagung Kita meningkat.

 

"Selain itu dengan formasi pengangkatan 17.000 orang P3K dari THL TBPP diharapkan agar para Kepala Dinas Pertanian Kabupaten,  dapat menugaskan para Penyuluh Pertanian PNS, P3K dan THL TBPP untuk mengawal secara penuh kegiatan PAJALE," pinta Gatot.


Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov Jateng melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Ir Sardjananto, MM ketepatan dan ketepatan menyampaikan CPCL dan kelengkapan berkas kegiatan pusat, akan mempercepat dropping benih yang di butuhkan petani.

Reporter : PPL Sragen/Lina
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018