Rabu, 22 Mei 2019


Petani Gunungkidul Terima Pendapatan Kotor Panen Jagung Rp 28 Juta per Ha

22 Peb 2019, 06:39 WIBEditor : Ahmad Soim

Panen jagung di Gunungkidul | Sumber Foto:IWA

Bambang Wisnu Broto mengharapkan para petani bisa menyisihkan hasil jagung untuk pembelian benih musim yang akan datang sehingga tidak tergantung bantuan pemerintah lagi atau bisa mandiri.

TABLOIDSINARTANI.COM, Gunungkidul - Gunungkidul panen jagung dengan luas hamparan 130 ha. Petani bisa mendapatkan penghasilan kotor Rp 28 juta per ha.

Hasil ubinan jagung yang dipanen memiliki produktivitas 7,72 ton pipilan kering dengan harga jual Rp 4 ribu per kg.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto mengucapkan terima kasih kepada para petani pejuang pangan dan pertanian Indonesia yang telah melaksanakan penanaman jagung bantuan pemerintah musim tanam 2018/2019 sehingga bisa panen sekarang ini.

Bambang Wisnu Broto mengharapkan para  petani bisa menyisihkan hasil jagung untuk pembelian benih musim yang akan datang sehingga tidak tergantung bantuan pemerintah lagi atau bisa mandiri.

Pada kesempatan itu juga diberikan bantuan corn sheller atau pemipil jagung ke poktan  agar dapat meningkatkan mutu paska panen jagung. Hasil analisa usaha tani lahan 1 ha bisa menghasilkan pendapatan kotor Rp 28.000.000,-

Reporter : IWA
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018