Thursday, 30 June 2022


Kesetiaan Babinsa Dampingi Petani Saat Tanam Padi

01 Mar 2019, 19:28 WIBEditor : Yulianto

Koptu Suparman menanam padi bersama petani | Sumber Foto:Suparman

Petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo. Harapannya tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas tanaman.

TABLOIDSINARTANI.COM, Klaten-- Matahari pagi belum beranjak tinggi. Pagi itu di Dusun Kuncen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Koptu Suparman, sudah berada di tengah sawah milik Suharno. Dengan setia anggota Koramil 23/Ceper itu ikut menanam padi bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Makmur II.

Bukan hanya sekali itu Koptu Suparman terjun ke sawah. Di lain kesempatan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga membantu petani lainnya menanam padi. Koptu Suparman mengakui, dalam pendampingan petani untuk percepatan tanam selama ini belum ada kendala yang menonjol, sehingga pelaksanaan luas tambah tanam (LTT) selalu sesuai target permintaan.

“Kami membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk persiapan tanam padi, dan sawah di bajak dan di lakukan penyiapan bibit padi,” katanya. Saat ini lanjut Suparman, Kelompok Tani Makmur mulai membajak sawah dan lahan mereka yang didukung pengairan yang lancar. Untuk menggenjot produktifitas panenan, pihaknya sudah mengintruksikan agar dapat diupayakan untuk memperluas lahan, sehingga dapat mencapai target produksi.

Danramil 23/Ceper Kapten Inf Dwi Haryono mengatakan, petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo. Harapannya tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas tanaman.

Pada program ketahanan pangan ungkap Dwi, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan. Tidak semua petani memahami dan setuju pola jajar legowo tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas pertanian,” katanya.

Koramil 23/Ceper bersama UPT Pertanian dan PPL Kec Ceper berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kab Klaten. Salah seorang petani yang lahannya di jadikan lokasi pendampingan menyampinkan terima kasih adanya peran serta anggota Babinsa dalam pendampingan dalam menanam padi. Ia berharap pendampingan Babinsa di lakukan secara kontiyu dan berkesinambungan sehingga di harapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.

Pendampingan penyuluh pertanian dan Babinsa kepada petani dirasakan cukup efektif meningkatkan hasil pertanian. Pendampingan ini di lakukan untuk mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Pengurus Poktan (Kelompok Tani) Tani Makmur I, Rusimin mengatakan pendampingan Babinsa sangat membantu para petani setempat.Pendampingan ini sangat di rasakan manfaatnya para petani,” katanya.

Reporter : Suparman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018