Sabtu, 25 Mei 2019


Babinsa Bantu Petani dari Olah Tanah hingga Panen

08 Mar 2019, 20:33 WIBEditor : Yulianto

Babinsa membantu mengolah tanah dengan traktor | Sumber Foto:Suparman

Kegiatan pendampingan pertanian ini sudah bagian tugas dan tanggung jawab Babinsa yang harus bisa memberikan contoh dan motivasi di setiap ada kegiatan di wilayah binaanya

TABLOIDSINARTANI.COM, Klaten---Kerjasama babinsa dengan petani terus di dorong untuk menyukseskan program swasembada pangan. Di antaranya dilakukan Koramil 23/Ceper jajaran Kodim 0723/Klaten yang melakukan pendampingan petani menggarap sawah di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten.

Misalnya dilakukan Koptu Suparman yang turun ke sawah membantu petani Tukiran dengan luas sawah 1.200 meter persegi membajak dengan alat bajak modern traktor. Di desa tersebut kini sudah banyak petani yang menggunakan tenaga  alsintan, sehingga hasil membajaknya lebih cepat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI bersama sama Petugas, Penyuluh, Lapangan (PPL) Kecamatan Ceper, Trimunanto dalam bercocok tanam padi untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah. Koptu Suparman memotivasi, membantu dan memonitoring, terutama peran Ketua Kelompok Tani, Sugiarto untuk mengajak petani yang sudah panen segera menggarap lagi lahannya.

Bukan hanya membajak lahan dengan alsintan, Babinsa Koramil 23/Ceper Kodim 0723/Klaten Koptu Suparman juga memberikan pendampingan panen padi dan membantu mengoprasikan alat mesin perontok padi di lokasi Poktan Tani Makmur. Lahan tersebut milik Sugiyo yang berlokasi di Dukuh Paten, Desa Kuncen, Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten.

Kegiatan pendampingan pertanian ini sudah bagian tugas dan tanggung jawab kami sebagai Babinsa yang harus bisa memberikan contoh dan motivasi di setiap ada kegiatan di wilayah binaanya,” kata Suparman.

Dalam proses panen padi tersebut Babinsa Koramil 23/Ceper dan petani tampak semangat saat perontokan padi. Saya tak mengenal lelah walaupun berjibaku dengan  gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa hars selalu siap sedia membantu warga apabila dalam kegiatan panen padi seperti ini, kata Koptu Suparman.

Danramil 23/Ceper Kapten Inf Dwi Haryono membenarkan dalam menyukseskan program swasembada pangan ini, Angkatan Darat memerintahkan Babinsa supaya selalu terjun kelapangan dalam berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya program pertanian ini.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Makmur Sugiarto menyampaikan masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. Dengan adanya pendampingan dari Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat.

Reporter : Suparman
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018