Sabtu, 25 Mei 2019


Babinsa Dampingi Petani Terapkan Jajar Legowo

15 Mar 2019, 20:06 WIBEditor : Yulianto

Babinsa damping petani saat tanam | Sumber Foto:Suparman

Dengan sistem Jajar Legowo pertumbuhan rumpun padi akan lebih banyak dan pasti hasil panen akan lebih bagus.

TABLOIDSINARTANI.COM, Klaten---Pendampingan petani kini tidak hanya dilakukan penyuluh pertanian. Sejak adanya Nota Kesepahaman, Kementerian Pertanian dengan TNI, kini garda terdepan TNI yakni Babinsa juga ikut terlibat dalam pendampingan petani.

Misalnya yang dilakukan Babinsa Koramil 23/Cpr Koptu Suparman yang memberikan pendampingan tanam padi dengan sistem Jajar Legowo di sawah milik, Sutono di Dukuh Bapangan, Desa Kuncen, Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Pendampingan juga kepada Suyadi, petani yang juga tinggal di dusun yang sama. Petani di dusun tersebut umumnya menanam varietas padi Situ Bagendit.

Pada kesempatan itu Koptu Suparman mengatakan, upaya meningkatkan produktivitas tanaman padi salah satunya dengan budidaya sistem Jajar Legowo. Selain itu yang tak kalah penting yakni memberi semangat petani untuk terus giat dalam mengolah sawah serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Dengan sistem Jajar Legowo menurut Suparman, pertumbuhan rumpun padi akan lebih banyak dan pasti hasil panen akan lebih bagus. Manfaat lain yang dirasakan dengan sistem jajar legowo yaitu menambahnya jumlah tanaman padi, sehingga dampaknya akan meningkatkan produksi tanaman padi secara signifikan. “Kualitas gabah juga akan lebih baik, karena akan semakin banyaknya tanaman pinggir dan dapat mengurangi serangan penyakit pada tanaman padi,” ujarnya.

Sementara itu di bersama Ketua Kelompok Tani Makmur, Cipto Mulyono, Koptu Suparman mengadakan pemantauan dan penyemprotan hama padi, serta memantau kelancaran pengadaan air sumur pompanisasi di lahan milik Suhono di Dukuh Paten, Desa Kuncen Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten.

Pengecekan tanaman padi oleh Babinsa di lakukan bersama anggota Kelompok Tani Makmur karena perubahan cuaca extrim seperti curah hujan yang tinggi dan panas terik matahari, sehingga kemungkinan berdampak terhadap tanaman padi yang mudah terserang hama.

Dengan pemantauan dan pendampingan yang rutin dari Babinsa diharapkan tanaman padi dapat terpantau perkembangannya. Sehingga dapat tumbuh normal dan pada saat panen nanti bisa menghasilkan produksi yang maksimal.

 

Motivasi Petani

Suparman mengatakan, tujuan kegiatan pendampingan ini untuk memberikan motivasi dan semangat kerja petani. “Kami juga berharap petani dapat memperoleh peningkatan ekonomi beras, sehingga kesejahteraan rakyat semakin maju untuk meningkatkan swasembada pangan,” tuturnya.

Suparman mengatakan, pihaknya akan memberikan pendampingan mulai dari pengolahan lahan, musim tanam sampai dengan musim panen, termasuk bagaimana perawatan dan pemupukan tentunya bersama dengan petugas penyuluh lapangan PPL dan dinas pertanian Kabupaten Klaten.

Selain dapat membantu masyarakat dari segi moril kegiatan pendampingan ini juga dapat membantu petani meningkatkan hasil panen. “Kami berharap dengan pendampingan dari kami para Babinsa seluruh petani di Kabupaten Klaten lebih bersemangat lagi dalam giat bercocok tanam demi meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Klaten,” tuturnya.

Danramil 23/Ceper Kapten Inf Dwi Haryono mengatakan, kegiatan yang di lakukan anggotanya merupakan perintah langsung dari Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Eko Setyawan S.E untuk membantu pemerintah dalam bidang swasembada pangan. Salah satunya membantu dan mengawasi para petani secara langsung.

Kapten Inf Dwi Haryono mengatakan, saat ini di wilayah Koramil 23/Ceper banyak petani yang melaksanakan penanaman padi sehingga seluruh Babinsa diminta untuk membantu. Bukan itu saja, selain menanam padi Babinsa juga harus mengawasi jangan sampai ada lahan atau sawah yang tidak di tanami. Dengan cara ini swasembada pangan yang ada di wilayah Kab Klaten dapat tercapai.

Kegiatan yang di lakukan Babinsa tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian TNI untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan swasembada pangan di Klaten. “Ini sesuai apa yang telah di perintahkan oleh Komando Kodim 0723/Klaten supaya membantu para petani di wilayah masing – masing,” kata Dwi Haryono

Reporter : Suparman
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018